Cowok Minum Susu Hamil, Apa Dampaknya?

Cowok Minum Susu Hamil, Apa Dampaknya?
Nggak hamil tapi minum susu hamil. Apa dampaknya? (Flickr/candibj)

Entah sengaja atau nggak, ada orang yang nggak hamil tapi minum susu hamil, termasuk laki-laki. Karena susu hamil diformulasikan khusus untuk ibu hamil, apa ada dampak serius ketika diminum perempuan yang nggak hamil atau lelaki?

Inibaru.id – Namanya juga susu hamil, pastinya diperuntukkan bagi ibu hamil. Ternyata ada juga lo orang-orang yang nggak hamil tapi minum susu hamil. Yang meminum nggak hanya perempuan, terkadang juga laki-laki. Nah, apakah hal ini bisa memberikan dampak buruk?

Nah, sebelum jauh berpikir macam-macam, pakar kesehatan menyebut orang yang nggak hamil tapi minum susu hamil nggak perlu khawatir berlebihan. Meski susu ini memang dirancang khusus bagi ibu hamil, tetap aman diminum siapa saja. Hal ini disebabkan oleh nggak adanya hormon atau obat tertentu di dalamnya.

Susu ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga bisa mendukung kondisi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Selain itu, susu ini juga dianggap cocok bagi mereka yang merencanakan kehamilan. Nah, karena isinya adalah nutrisi-nutrisi sehat, seharusnya tidak ada efek buruk jika orang yang nggak hamil meminumnya.

Apakah Ada Efek Samping Jika Meminumnya Meski Nggak Hamil?

Jadi gini, Millens, susu ini nggak akan memberikan efek kesehatan apapun jika dikonsumsi dengan porsi dan frekuensi yang normal. Kalau meminumnya, malah bisa membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang lengkap dan menyehatkan. Tapi, lain cerita kalau konsumsi susu ini dilakukan dengan berlebihan.

Susu hamil punya nutrisi yang lengkap dan tinggi. (Flickr/fdecomite)
Susu hamil punya nutrisi yang lengkap dan tinggi. (Flickr/fdecomite)

Porsi wajar dari konsumsi susu hamil bagi mereka yang hamil ataupun nggak hamil adalah sekali saja sehari. Nah, susu ini juga dijadikan pelengkap nutrisi saja, bukannya pemasok nutrisi utama. Jadi, pengonsumsinya tetap harus mengedepankan makanan sehat dan bergizi alih-alih susu tersebut.

Nah, bagaimana jika konsumsi susu hamil dilakukan lebih banyak setiap hari? Kalau yang ini memang bisa memberikan efek samping. Bagi ibu hamil, misalnya, bisa jadi bayi yang dikandungnya jadi terlalu besar. Hal ini tentu akan menyulitkan persalinan dengan normal, bukan?

Lantas, bagaimana jika yang minum susu hamil berlebihan adalah orang yang nggak hamil termasuk laki-laki? Jadi gini, di dalam susu hamil ada kandungan asam folat, zat besi, dan vitamin D cukup tinggi. Nutrisi ini penting bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Kalau yang nggak hamil berlebihan mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut, ada efek sampingnya.

Kelebihan asam folat misalnya, bisa membuat penyerapan vitamin B12 bakal terganggu. Kamu bisa sering alami kesemutan, deh. Bikin nggak nyaman banget, ya?

Kalau sampai kelebihan zat besi, dampaknya bisa membuat kita mengalami keracunan zat besi. Gejalanya sih nggak berat-berat banget, Millens seperti mual-mual dan muntah hingga kepala pusing. Kinerja dari organ seperti pankreas dan jantung juga jadi berlebihan nantinya.

Yang terakhir, kelebihan vitamin D juga bisa membuatmu alami gangguan pencernaan dan ginjal. Jadi, sebaiknya memang nggak berlebihan, Millens.

Jadi, sebenarnya nggak apa-apa kalau nggak hamil tapi minum susu hamil. Tapi, pastikan nggak berlebihan, ya? (Rua/Alo/IB09/E05)