Covid Sudah Melandai Tapi Kamu Tetap 'di Rumah Aja'? Lakukan Ini Agar Tetap Produktif

Covid Sudah Melandai Tapi Kamu Tetap 'di Rumah Aja'? Lakukan Ini Agar Tetap Produktif
Tetap produktif meski 'di Rumah Aja' demi memutus rantai penyebaran covid-19 (travel.detik.com)

Meski pelonggaran telah dilakukan di berbagai tempat karena kasus Covid-19 yang melandai di Indonesia, masih banyak orang yang di rumah aja. Kalau kamu salah satunya, nggak perlu bingung. Ada kok cara agar kamu tetap produktif tanpa harus kembali aktif di luar rumah. Apa saja ya caranya?

Inibaru.id - Pandemi covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Ada juga yang harus di rumah aja karena work from home alias WFH dan nggak bisa ke mana-mana. Nah, meski sekarang kasus Covid-19 melandai dan pelonggaran diberlakukan di mana-mana, masih banyak lo yang tetap di rumah aja karena berbagai alasan.

Banyak orang menganggap di rumah aja sebagai kegiatan yang nggak produktif. Padahal, realitanya nggak begitu. Kamu bisa kok tetap produktif dengan cara WFH atau melakukan hal-hal lainnya.

Terdapat beberapa rekomendasi aktivitas produktif yang bisa dilakukan di rumah lo, Millens. Aktivitas yang produktif itu dapat bermanfaat bagi diri kita dan bisa meningkatkan skill yang telah kita miliki. 

Nah, ini dia 5 rekomendasi agar aktivitas ‘di rumah aja’ jadi lebih produktif dan bermanfaat. Simak baik-baik ya!

1.      Belajar dengan Mengikuti Kelas Daring

Kelas daring akhir-akhir ini sepertinya menjadi metode belajar terbaik. Dengan mengikuti kelas daring, kamu nggak perlu lagi capek-capek mengantre atau mendaftar kartu Prakerja, mengingat banyak sekali kelas daring yang tersedia secara gratis.

Contohnya nih, ya, Layanan Pendidikan Coursera menyediakan kelas layaknya seperti perkuliahan di kampus dengan materi berupa teks, video, diskusi, kuis dan ujian dengan batas waktu. Setelah kelas berakhir, di beberapa kelas bahkan tersedia sertifikat, lo!

2.      Belajar Bahasa Baru

Ilustrasi: Tetap produktif walau kerja di rumah saja. (Inibaru.id/Audrian F)
Ilustrasi: Tetap produktif walau kerja di rumah saja. (Inibaru.id/Audrian F)

Jika kamu tidak melakukan apa-apa, hidup kamu nggak produktif. Nah, biar lebih produktif, coba deh luangkan waktu untuk belajar bahasa baru. Selain mengasah kemampuan kita dalam berbahasa, kita dapat belajar hal-hal yang baru lainnya, lo.

Langkah awal untuk memulainya bisa berupa memilih bahasa dari negara yang kita sukai budayanya. Contohlah, yang sekarang banyak digandrungi itu K-pop, nggak ada salahnya kan belajar Bahasa Korea?

Soal di mana kamu bisa belajar, nggak perlu ribet. Banyak lo aplikasi belajar bahasa gratis seperti Duolingo yang bisa kamu unduh di ponsel kamu. Kamu pun bisa belajar kapan saja di mana saja. 

3.      Belajar Keahlian Baru

Selain mempelajari berbagai bahasa, kamu bisa mempelajari keahlian baru lo! Keahlian ini dapat kamu pelajari di rumah dengan memanfaatkan situs-situs terpercaya lewat Google yang bisa diakses selama di rumah. Contohnya, belajar resep-resep memasak makanan yang sedang ngetren, mulai berkebun dengan tips-tips dari YouTube, bermain alat musik, dan lain-lain.

4.      Berjualan di Toko Daring

Bisnis toko daring di masa pandemi sangat menguntungkan, lo. Apalagi kini banyak orang di rumah aja sehingga keinginan belanja daring pun semakin tinggi. Cukup dengan modal ponsel, sudah bisa kamu lakukan, deh. Nggak ribet, kan?

Nah, kira-kira, aktivitas mana nih yang bakal kamu lakukan selama tetap di rumah aja? (Wol/MG43/E07)