Coutinho Juara Liga Champions Bareng Bayern, Barcelona Bayar Liverpool 5 Juta Euro?

Coutinho Juara Liga Champions Bareng Bayern, Barcelona Bayar Liverpool 5 Juta Euro?
Philippe Coutinho memamerkan piala Liga Champions yang dimenanginya. (Twitter/DaveOCKOP)

Dalam klausul pembelian Philippe Coutinho dari Liverpool, disebutkan bahwa Barcelona harus membayar 5 Juta Euro jika yang bersangkutan juara Liga Champions. Masalahnya, Coutinho memenanginya saat dipinjamkan ke Bayern Muenchen.

Inibaru.id - Final Liga Champions 2020 menghasilkan kemenangan raksasa Jerman, Bayern Muenchen. Dalam laga yang digelar di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Senin (24/8/2020) ini, Bayern mengalahkan tim bertabur bintang mahal Paris Saint Germain (PSG) dengan skor tipis, 1-0. Yang ironis, kemenangan Bayern ditentukan oleh mantan pemain akademi PSG, Kingsley Coman lewat gol di menit ke-59.

Hanya, ada sebuah kasus yang menarik terkait dengan kemenangan Bayern. Salah satu pemain yang turun sebagai pemain pengganti di laga final ini, Philippe Coutinho masih berstatus pemain Barcelona. Dia memang tetap berhak mendapatkan medali Liga Champions, namun ada kabar bahwa kemenangan ini membuat Barcelona semakin merugi.

Pada Januari 2018 lalu, Coutinho hengkang dari Liverpool ke Barcelona dengan mahar 142 juta Poundsterling. Sayangnya, dia kesulitan beradaptasi dengan permanan tiki-taka a la Barca hingga akhirnya dipinjamkan ke Bayern Munchen di musim 2019/20. Masalahnya, dalam klausul pembelian dari Liverpool, ada pasal yang menyebut Liverpool bakal mendapatkan uang tambahan sebesar 5 Juta Euro atau sekitar Rp 87 miliar jika yang bersangkutan juara Liga Champions.

Coutinho masih berstatus pemain milik Barcelona. (Twitter.com/iF2is)
Coutinho masih berstatus pemain milik Barcelona. (Twitter.com/iF2is)

Warganet heboh dengan klausul ini. Banyak yang menganggap Barcelona menjadi pihak yang paling dirugikan. Nggak hanya soal uang tersebut, Coutinho juga ikut andil dalam kekalahan telak Barcelona dengan skor 8-2 di babak perempat final. Saat itu, Coutinho mencetak dua gol terakhir Bayern.

Meski pasal ini benar-benar ada, ternyata beberapa media, termasuk media yang berbasis di Kota Liverpool, Liverpoolecho, membantah kabar ini. Meski Coutinho menjadi juara Liga Champions, The Reds nggak bakal mendapatkan uang 5 Juta Euro.

Klausul uang tambahan baru bisa aktif andai Coutinho telah melampaui jumlah pertandingan tertentu di Liga Champions atau memenangi Si Kuping Besar bersama dengan Blaugrana. Padahal, dia memenanginya saat membela Bayern Muenchen. Meski statusnya masih milik Barcelona, klausul ini dianggap nggak berlaku.

Coutinho dikabarkan akan balik ke Barcelona musim depan. (Twitter/segunadejare360)
Coutinho dikabarkan akan balik ke Barcelona musim depan. (Twitter/segunadejare360)

Alih-alih terus heboh membahas soal klausul ini, kabarnya Coutinho bakal balik ke Barcelona dan masuk dalam rencana pelatih baru Ronald Koeman di musim 2020/21.

Nah, kalau soal ini, pasti akan lucu ya melihat reaksi pemain Barcelona yang sudah lama nggak memenangi Liga Champions harus melihat Coutinho yang baru memenanginya. Apalagi Coutinho ikut andil dalam pembantaian dengan skor 8-2 yang sangat memalukan publik Catalunya.

Kemenangan Bayern nggak hanya mengukuhkan gelar Liga Champions yang keenam. Mereka menyamai raihan juara tahun lalu, Liverpool, dan hanya kalah dari AC Milan yang memegang 7 gelar dan Real Madrid yang memegang 13 gelar. Raihan treble alias tiga gelar tahun ini juga menjadi yang kedua kalinya mereka dapatkan sepanjang sejarah, menyamai rekor Barcelona.

Kamu nonton pertandingan semalam, nggak, Millens? Seru ya? (Liv/IB28/E07)