Content Creator Tips: Mencari Uang dengan Konten Kreatif

Selain iklan, ada banyak cara agar kamu bisa meghasilkan keuntungan sebagai seorang content creator. Beberapa cara menguangkan (monetize) konten ini bisa dijadikan referensi.

Content Creator Tips: Mencari Uang dengan Konten Kreatif
Para Youtube creator. (Creativedisc.com)

Inibaru.id - Kini, semakin banyak anak muda yang menjadi content creator. Selain dianggap menyenangkan, mereka juga bisa mendapat uang banyak dari konten yang mereka unggah. Apalagi kalau sudah terkenal, mereka pasti akan kebanjiran endorse ataupun iklan yang bisa menambah pundi-pundi uangnya. 

Eits, tapi iklan juga bisa membuat pengunjung website atau kanalmu menjadi jenuh, lo. Kemunculan iklan pada konten bisa jadi penyebab pembaca malas kembali ke website atau kanalmu. Belum lagi jika pembaca menggunakan ad blocker, bisa jadi iklan yang kamu pasang akan terblokir otomatis.

Jangan khawatir, bagi kamu yang pengin jadi content creator, ada cara lain kok yang bisa kamu lakukan agar bisa dapat uang selain dari iklan. Yuk simak cara mendapat uang dengan menjual konten yang berkualitas. 

  1. Buat Membership Area

Buat member area. (Boardoftread.com)

Bagi content creator di aktif di blog atau website, bikin membership area bisa jadi salah satu jalan untuk mendapat keuntungan. Cara ini juga bisa membuat pembaca merasa spesial karena sebagai member, mereka bisa mendapatkan apa yang orang lain (non member) nggak dapatkan.

Dengan membership area, kamu bisa membuat konten berbayar bagi para member. Namun, pastikan konten berbayar ini sebanding dengan apa yang pembaca dapatkan.

Ada tiga model content monetizing yang bisa kamu terapkan pada website atau blog seperti ditulis Mitologimedia.com (6/12/2016). Pertama model Subscription atau Paywall yang membuat blog kamu hanya bisa dimasuki member dengan akses khusus dan telah melakukan registrasi. Kedua, model Transaksi, yaitu menjual konten berbayar per item. Sementara itu, yang terakhir adalah model dengan Ukuran atau Batasan, yaitu pembaca mendapatkan konten gratis hanya sampai batas tertentu, setelah mencapai batasan itu mereka harus bayar.

  1. Kerjasama Produk dengan Partner Usaha

Kerja sama dengan partner. (Opennov.ru)

Jika kamu belum siap membuat membership, cobalah membuat kerja sama dengan pihak lain. Cara ini nggak hanya bisa diterpkan bagi para content creator di blog atau website, pembuat konten di media sosial lain seperti Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook juga bisa melakukannya.

Strategi yang sering disebut dengan endorsement ini melibatkan pihak lain yang ingin mempromosikan produknya lewat kontenmu. Mulailah dengan membuat isi konten yang berkaitan dengan produk. Buat ulasannya semenarik mungkin, dan publikasikan di media sosialmu.

  1. Branded Merchandise

Gita Savitri Devi, content creator yang membukukan sebagian kisah yang dia tulis di blog pribadinya. (Upstation.id)

Cara lain untuk mendapat uang dengan kontenmu adalah dengan menjual merchandise yang identik dengan jenama (brand) yang kamu miliki. Merchandise tidak melulu berupa barang atau produk. Kamu bisa menerbitkan buku dari konten yang kamu tulis.

Gimana Millens, sudah ada pandangan mau pakai strategi yang mana untuk mendapat uang dengan konten? (IB06/E04)