Cocok Buat Jomlo, Rice Cooker Kini Ada yang Cuma Muat Satu Porsi Nasi

Cocok Buat Jomlo, Rice Cooker Kini Ada yang Cuma Muat Satu Porsi Nasi
Rice Cooker yang hanya muat untuk satu porsi nasi saja. (Japanese Station)

Rice Cooker biasanya bisa dipakai untuk menanak dan menghangatkan nasi bagi satu keluarga. Nah, belakangan ada rice cooker yang cuma muat untuk satu porsi nasi saja. Buat apa, ya?

Inibaru.id - Pernahkah kamu membayangkan ada rice cooker yang hanya muat satu porsi nasi saja, Millens? Meski terlihat nggak berguna, penanak nasi ini sedang ngetren di Jepang, lo. Kabarnya, penanak nasi ini cocok bagi mereka yang tinggal sendirian alias jomlo sejati.

Ukuran penanak nasi yang disebut sebagai Thanko ini nggak lebih besar dari kotak tisu. Banyak penggunanya yang merasa cocok dengan produk elektronik ini karena ringkas, mudah, dan nggak rumit dirawat bagi mereka yang tinggal seorang diri. 

Tren penjualan alat masak satu porsi memang sedang meningkat di Jepang, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Sayangnya, meski sangat membantu aktivitas sehari-hari, peralatan-peralatan ini dianggap bakal semakin menambah kemuraman dan rasa sepi karena banyak orang yang harus sendirian saat beraktivitas di rumah saja.

Produk Thanko. (Japanese Station)<br>
Produk Thanko. (Japanese Station)

Berdasarkan data sensus, hampir 35 persen populasi Jepang tinggal sendirian pada 2015. Angka ini lebih tinggi dari yang ada di Amerika Serikat dan Britania Raya yang ada di angka 28 dan 30 persen pada tahun yang sama.

Pemerintah Jepang bahkan sampai khawatir pandemi yang bikin orang semakin jarang bersosialisasi akan meningkatkan rasa kesepian dan keinginan bunuh diri pada 44 juta warga yang tinggal sendirian. Apalagi, selama Covid-19, angka bunuh diri meningkat selama lima bulan berturut-turut.

Balik lagi ke penanak nasi unik, Millens. Bentuk Thanko lebih mirip kotak bekal dua tingkat alih-alih rice cooker yang selama ini kita kenal. Karena ukurannya juga kecil, jumlah nasi yang bisa dimasak juga hanya cukup buat seporsi saja.

Produk yang sudah terjual lebih dari 50 ribu item ini pun dianggap cocok buat dijadikan bekal makan siang. Jadi, kamu nggak akan lagi deh makan bekal dengan nasi dingin.

Selain penanak nasi, produk lain seperti pemanggan daging, cetakan takoyaki, hotplate, hingga kotatsu alias meja rendah yang berlapis selimut kini semakin banyak yang dijual dalam versi single. Para pembelinya? Tentu saja kaum jomlo.

Tren apa-apa serba sendiri bahkan sampai diadopsi restoran-restoran makanan di Jepang. Sebagai contoh, Pizza Hut di sana bahkan mulai menyediakan "My Box" yang isinya adalah menu buat satu orang saja. Menu ini laris-manis, lo.

Kira-kira, kamu tertarik buat membeli penanak nasi yang hanya muat satu porsi nasi ini, nggak, Millens?(Vic/IB28/IB09)