Ciri Kucing Sakit, Kamu Harus Tahu Agar Bisa Segera Diobati

Ciri Kucing Sakit, Kamu Harus Tahu Agar Bisa Segera Diobati
Ciri kucing sakit yang kamu harus tahu. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau kucing sakit, mereka nggak bisa mengeluh sebagaimana manusia. Nah, namanya juga sakit, tentu harus segera diobati. Biar kucing jadi cepat sehat kembali, kamu pun harus tahu beberapa ciri kucing sakit berikut ini.

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak sedih kalau kucing peliharaan sakit. Masalahnya, kucing beda dengan manusia yang bisa mengungkap rasa sakitnya. Kalau kamu nggak peka, pasti sulit mengetahui apakah mereka berada dalam kondisi baik atau nggak. Nah, sebenarnya, seperti apa sih ciri kucing sakit yang perlu kamu ketahui?

Namanya juga sakit ya, pasti butuh diobati. Kalau kucing juga sedang sakit, sebaiknya juga diobati sehingga cepat sembuh dan bisa kamu ajak bermain lagi. Nah, kira-kira, seperti apa sih ciri kucing sakit yang perlu kamu waspadai, ya?

1.       Kucing Nggak Lincah

Meski ukurannya kecil atau badannya sangat gemuk, pada dasarnya kucing adalah hewan yang aktif, lincah, dan suka bermain-main. Kalau kucing kemudian tiba-tiba berubah menjadi nggak lincah, besar kemungkinan kucingmu sakit, Millens.

Hanya, kamu juga harus ingat, Millens kalau kucing adalah hewan yang sering tidur di siang hari. Di malam hari, mereka juga cenderung lebih aktif. Jadi, kalau kamu melihat mereka tidur seharian dan jadi lebih pendiam, sebaiknya diperiksakan ke dokter hewan, deh.

2.       Kucing Nggak Mau Makan

Sebenarnya ya, memberi makan kucing itu gampang-gampang susah. Banyak kucing yang juga sangat picky dalam hal memilih makanan. Kalau kucingmu biasanya mau kamu berikan makanan namun kemudian tiba-tiba nggak mau makanan yang sama dan terlihat nggak nafsu makan, besar kemungkinan kucingmu sakit dan harus diobati.

Kucing mengalami perubahan sikap cukup signifikan jika sakit. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Kucing mengalami perubahan sikap cukup signifikan jika sakit. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

3.       Waspada Jika Kucing Sering Muntah

Terkadang, kalau kucing sakit, akan mudah muntah dan badannya panas. Dalam beberapa kasus, kucing bahkan bisa mengalami diare. Kalau kucingmu biasa buang air di kotak pasir, kamu bisa kok mengecek kondisi kotorannya untuk memastikannya.

4.       Kucing Berubah Jadi Lebih Galak dan Sensitif

Kucing yang sudah lama dipelihara cenderung jinak dan nggak akan mempermasalahkan jika majikannya menyentuh, mengelus, menggendong, atau bahkan jika diperlakukan dengan gemas. Nah, kalau kucingmu yang biasanya sudah jinak berubah jadi lebih galak, besar kemungkinan dia sedang sakit.

Hal ini disebabkan oleh kondisi badannya yang juga nggak enak. Dia pun bakal nggak nyaman meskipun hanya kamu elus atau pegang. Bisa jadi kamu bakal mudah digigit atau dicakar.

Selain gejala-gejala di atas, kalau badan kucingmu terasa lebih hangat, kamu juga harus waspada, Millens. Nggak ada salahnya kok kalau kamu memeriksakannya ke dokter hewan. Kucingmu pun bisa sembuh dan kembali aktif, deh. (Bob/IB09/E05)