Cikal Bakal 'Tarik Sis Semongko'; Seruan Nggak Sengaja, Nggak Nuntut Royalti

Cikal Bakal 'Tarik Sis Semongko'; Seruan Nggak Sengaja, Nggak Nuntut Royalti
Anggun Pramudita, pelantun lagu 'Bunga' yang belakangan viral karena seruan 'Tarik Sis Semongko'-nya. (Kompas/Youtube/Dapoer Studio)

Media sosial diramaikan dengan seruan "Tarik Sis, Semongko" yang berasal dari konser dangdut. Jargon tersebut ternyata nggak hadir begitu saja. Ada sejarah dan makna di baliknya. Seperti apa ya?

Inibaru.id - Seruan “Tarik Sis, Semongko” semakin sering kita dengar di media sosial, aplikasi perpesanan Whatsapp, hingga obrolan sehari-hari. Menariknya, seruan ini biasanya diiringi dengan lagu berjudul “Bunga” yang dinyanyikan oleh artis lokal asal Banyuwangi Anggun Pramudita. Sebenarnya, bagaimana sih awal mula seruan ini menjadi viral di Indonesia?

Ternyata, seruan "Tarik Sis, Semongko" ini muncul saat lagu tersebut dinyayikan. Saat itu, Anggun berduet dengan MC yang memiliki nama panggung Ridho Woyo-woyo atau yang memiliki nama asli Ridho Soleh.

Ridho pun menceritakan kronologinya. Pada Januari 2020, grup dangdutnya yang bernama AA Jaya diundang Komunitas Pemuda Damlimo, Banyuwangi, Jawa Timur untuk menghibur warga sekitar.

Di aksi panggung dangdut inilah muncul seruan
Di aksi panggung dangdut inilah muncul seruan "Tarik Sis. Semongko". (AnekaSafariRecords)

"Tapi saat kami perform, penonton ricuh terus. Membuat mood saya dan teman-teman musisi jadi enggak nyaman. Bahkan pihak keamanan sempat mau menghentikan konser," kata Ridho, Rabu (21/10/2020).

Lantaran terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut, Ridho dan grup musik AA Jaya mulai kehilangan semangat untuk bermusik. Padahal, masih tersisa dua penyanyi yang belum tampil, yakni Anggun Pramudita dan Syahiba Saufa. Akhirnya, setelah melakukan lobi ke panitia dan pihak keamanan, konser pun kembali dilanjutkan.

Ketika Anggun Pramudita mendapat giliran untuk menyanyi dan gendang mulai dipukul, Ridho sempat mengingat irama pukulan kendang tersebut seperti musik koplo zaman dahulu dengan lagu Karmila yang dimainkan oleh grup musik OM Sera.

Anggun Pramudita bersama Ridho Woyo-Woyo. (AnekaSafariRecords)<br>
Anggun Pramudita bersama Ridho Woyo-Woyo. (AnekaSafariRecords)

"Saya nyeletuk 'Tarik Sis, Semongko'. Karena saya ingat pada musik versi OM Sera. Tapi waktu itu bukan lagu Bunga, lagunya Karmila, dengan jargon sama. Nggak sengaja sebetulnya," kata Ridho.

Menurutnya, jargon tersebut dapat menenangkan suasana dan lebih menghibur penonton. Semongko (semangka) itu segar, jadi dirasa dapat mencairkan suasana. Semongko juga bisa dimaknai sebagai 'Semangato Sampai Bongko' (Semangat-lah Sampai Mati)," lanjutnya.

Pencetusnya Adalah OM Sera

Ridho Woyo-woyo turut mempopulerkan seruan ">
Ridho Woyo-woyo turut mempopulerkan seruan "Tarik Sis. Semongko". (AnekaSafariRecords)

Jauh sebelum Ridho mengucapkan kata 'sakti' ini, grup musik OM Sera sebetulnya adalah pelopornya. Cikal bakalnya yaitu karena Sera memiliki pemain suling bernama Wiwin dan pemain tamborin bernama Wasis. Wiwin sering memanggil rekannya dengan suku kata "Sis" saat seluruh anggota band memainkan lagu Karmila pada sekitar 2005-2006. Sejak saat itulah muncul seruan "Tarik Sis, Semongko."

Meski seruan yang kini populer adalah suaranya, Ridho mengaku seruan ini bukan dia yang menciptakan. Dia juga nggak mempermasalahkan plagiat karena di dunia seni panggung, seruan tersebut bisa saja dipakai siapa saja secara random.

Ridho mengaku masih menjalin hubungan baik dengan pencipta jargon tersebut. Dia juga nggak ambil pusing dengan adanya protes beberapa pihak yang menyebutnya sebagai plagiator. Sementara itu, soal suaranya yang viral di mana-mana, dia mengaku nggak akan menuntut royalti andai ada yang memasukkannya dalam produksi musik apa pun.

“Tidak ada royalti. Adanya hanya bangga saja. Saya bangga pasti ada yang penting bisa menghibur masyarakat pada saat pandemi Covid-19 ini,” pungkas Ridho Woyo-woyo.

Ternyata, cerita dari seruan "Tarik Sis, Semongko" ini unik juga, ya Millens. (Lin/IB28/E07)