Cicit W.R Supratman Menang Lomba Cipta Lagu Internasional
Andrea Turk menangkan lomba cipta lagu tingkat internasional. (Instagram/ Andreapturk)

Cicit W.R Supratman Menang Lomba Cipta Lagu Internasional

Darah seni W.R Supratman nampaknya menurun ke cicitnya yang bernama Andrea Turk. Ini dibuktikan dengan cemerlangnya aksi Andrea sampai memenangkan lomba cipta lagu tingkat Internasional di London, 22 Juni lalu.

Inibaru.id - Nama Indonesia kembali harum di kancah Internasional setelah Andrea Putri Turk menyabet gelar pada ajang Young Songwriter Competition 2019. Lewat lagu karyanya yang berjudul "Who We Are", gadis yang nggak lain adalah cicit W.R Supratman itu memenangkan kategori International.

Sebelum menduduki posisi pertama pada kompetisi ini, Andrea berkesempatan untuk tampil menyanyikan lagunya dalam final Young Songwriter Showcase yang diadakan Song Academy di London, Inggris. Andrea merupakan satu-satunya peserta dari luar Inggris yang tampil secara langsung di London, pada Sabtu (22/6/2019). 

Semalam saya mendapat kesempatan untuk menyanyikan "Who We Are" pada @song_academy’s Songwriting Competition. Dan dengan senang hati saya ingin mengumumkan bahwa saya berhasil mendapat peringkat pertama! Terima kasih banyak,” tulis Andrea di akun Instagram pribadinya. 

Gadis berusia 18 tahun itu pun menceritakan isi lagu buatannya. Kurang lebih, isi lagu itu mencerminkan kegalauan yang dialami remaja seusianya.

“Lagu ini bercerita tentang dua remaja yang ingin lepas dari rutinitas hidup yang membosankan dengan cara menerima jati diri mereka saat beranjak dewasa. Saat kita masih remaja, kita selalu mempertanyakan jati diri kita. 'Who We Are' ingin menyampaikan bahwa tidak apa-apa jika kita belum tahu mau jadi apa, percayalah bahwa semua akan berjalan dengan semestinya,” kata Andrea saat di Song Academy, Inggris.

Lulusan Austraia Independent School Indonesia ini rupanya sudah mahir menciptakan lagu sejak umur 10 tahun. Dia juga sempat merilis album self titled debut digitalnya.

Andrea memiliki ciri khas dalam lagu-lagu ciptaannya. Isu-isu yang diangkat dalam lagunya seputar penindasan jati diri, alienasi, dan perasaan kurang menghargai diri sendiri.

Kini, Andrea mendapat beasiswa dari The New School Jazz and Contemporary Music dan akan mulai program vokal pada September mendatang.

Selamat Andrea! Wah, sangat membanggakan ya, Millens. (IB24/E04)