Cetak Sejarah, Andrei Angouw Jadi Walikota Konghucu Pertama

Cetak Sejarah, Andrei Angouw Jadi Walikota Konghucu Pertama
Andrei Angouw menang di Pilkada Manado. (SindoManado)

Andrei Angouw menjadi pemimpin daerah pertama yang berasal dari agama Konghucu. Ribuan umat Konghucu pun langsung mengucapkan syukur. 

Inbaru.id - Andrei Angouw menjadi umat Konghucu pertama yang menjadi pemimpin daerah. Hal itu didapati setelah kemenangannya di Pilkada Manado.

Ribuan umat Konghucu pun langsung mengucap syukur melalui puluhan grup Whatsapp dan Facebook. Mereka berharap Andrei Angouw jadi pemimpin yang baik bagi semua golongan masyarakat dan sukses dalam menjalankan pengabdian.

"Sebagai pimpinan Pusat Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) yang disebut Dewan Rohaniwan MATAKIN sekaligus sebagai Ketua Bidang Hukum & Advokasi MATAKIN Pusat, mengucap syukur atas kepercayaan masyarakat," ujar Ketua Bidang Hukum dan Advokasi MATAKIN Sofyan Jimmy Yosadi, Kamis (10/12/2020).

Sofyan mengaku mengenal dengan baik dan bersahabat sejak Andrei remaja. Sebagai sahabat sejak lama dia yakin rekannya itu bisa jadi walikota yang hebat dan berhasil.

"Andrei Angouw pengusaha sukses, mapan dan sudah selesai dengan dirinya. Keluarganya harmonis dan beliau sangat berbakti kepada orang tuanya. Sebagai politisi mempunyai rekam jejak yang baik dan penuh prestasi," kata Sofyan.

Selain itu Sofyan juga mengaku bersyukur bisa berjuang bersama dan bekerja keras bersama sebagai bagian dari Tim Kampanye Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (petahana) dan menjadi salah satu wakil ketua tim kampanye bidang hukum.

Andrei Angouw dan pasangannya Richad Sualang. (ManadoPost)<br>
Andrei Angouw dan pasangannya Richad Sualang. (ManadoPost)

Sofyan secara otomatis bersinergi memenangkan tujuh calon pasangan yang diusung PDIP di kabupaten dan kota termasuk Kota Manado. Saat ini dirinya tinggal  menunggu penetapan Komisi Pemilihan Umum dan pelantikan.

“Tahapan-tahapan ini semoga berjalan lancar," ujar Sofyan.

Lebih lanjut Sofyan berkata jika terpilihnya Andrei Angouw membuktikan masyarakat sudah cerdas dan menolak politik identitas. Menurutnya, Manado dan Sulawesi Utara telah membuktikan bahwa keragaman dan kebhinekaan terus digalakkan demi NKRI dan dilandasi ideologi Pancasila.

 “Sebelumnya Andrei Angouw telah menoreh sejarah sebagai ketua DPRD provinsi pertama di Indonesia yang beragama konghucu," ujar Sofyan.

Wah, ikut senang ya, Millens. (IB28/E05)