Cermin Terbesar di Dunia, Garis Tengahnya Mencapai 129 Km!

Cermin Terbesar di Dunia, Garis Tengahnya Mencapai 129 Km!
Salar de Uyuni, cermin terbesar di dunia. (Flickr/ Jen Morgan)

Cermin terbesar di dunia ini memantulkan langit biru, awan, hingga pegunungan di kejauhan. Kamu bahkan bisa berjalan, bersepeda, atau naik mobil di atasnya. Di mana ya cermin terbesar di dunia ini?

Inibaru.id – Seberapa ukuran cermin terbesar yang pernah kamu lihat, Millens? Percaya nggak kalau ada cermin yang ukuran garis tengahnya mencapai 129 km? Yang lebih mengherankan lagi, cermin ini adalah cermin alami, bukannya buatan. Di mana ya cermin ini?

Sebenarnya, penyebutan cermin juga nggak benar-benar tepat ya, Millens. Tempat ini sebenarnya adalah padang garam raksasa. Namanya adalah Salar de Uyuni yang ada di Bolivia, negara landlock di Amerika Selatan. Lokasinya sekitar 200 km dari selatan La Paz, ibukota dari negara ini.

Padang garam yang masuk dalam wilayah Pegunungan Andes ini memiliki ketinggian 3.650 mdpl. Berdasarkan keterangan para peneliti, Salar de Uyuni dulunya adalah danau purba Minchin. Kini, danau purba ini terbagi menjadi dua, yakni Danau Poopo serta Danau Uru-Uru. Tapi, ada bagian yang mengering yang kemudian menjadi padang garam.

Padang garam Salar de Uyuni. (Flickr/

Dimitry B.)
Padang garam Salar de Uyuni. (Flickr/ Dimitry B.)

Garam berwarna putih yang terhampar luas ini adalah mineral yang berasal dari pegunungan dan terlarut oleh air hujan sejak ribuan tahun silam. Nah, air danau yang menguap kemudian menyisakan garam yang kering.

Meski begitu, jika musim hujan, yakni antara Desember sampai Februari, maka padang garam ini akan dipenuhi dengan air yang menggenang. Memang, genangan airnya nggak tinggi. Namun, genangan ini menciptakan efek cermin raksasa mengingat hampir seluruh padang garam tertutupi dengan air dan memantulkan langit biru, awan, hingga pegunungan Andes di kejauhan.

Salar de Uyuni sangat luas dan indah. (Flickr/Jen Morgan)
Salar de Uyuni sangat luas dan indah. (Flickr/Jen Morgan)

Banyak wisatawan yang sengaja melewati padang garam yang tergenang ini dengan berjalan kaki, bersepeda, atau dengan mobil. Mereka pun mengambil foto seakan-akan berada di tengah-tengah cermin raksasa yang sangat indah. Bahkan, ada yang menyebut efek ini seperti membuat orang di tengah padang garam layaknya berjalan di atas permukaan air.

Tertarik untuk melihat sendiri fenomena cermin raksasa ini, Millens? Mengingat sekarang kita berada di tengah pandemi, nggak ada salahnya deh menabung dulu kalau mau mengunjungi Salar de Uyuni di masa depan. Setuju? (Kom/IB09/E05)