Cermat Memilih Masker untuk Mudik Naik Motor

Cermat Memilih Masker untuk Mudik Naik Motor
Ilustrasi pemotor menggunakan masker. (Wahanaritelindo)

Calon pemudik yang menggunakan motor wajib memakai masker untuk mencegah debu dan polusi jalanan masuk melalui mulut dan hidung. Masker seperti apa ya yang pas?

Inibaru.id – Bagi calon pemudik yang akan melakukan perjalanan menggunakan motor, masker merupakan salah satu benda yang wajib dipakai. Yap, masker berfungsi untuk menghindarkan debu dan polusi terhirup selama perjalanan.

Selama ini banyak pengendara motor yang memakai masker medis. Masker ini memang bisa didapatkan dengan mudah misalnya di apotek atau minimarket. Namun, masker sekali pakai itu nggak efektif untuk mencegah pelbagai polusi yang masuk ke tubuh.

Hal ini diungkapkan dr Nandika Nurfitria, seorang dokter di klinik K24 Hankam Bekasi. Dia mengungkapkan zat polusi dan debu yang terlalu halus dapat dengan mudah menembus masker jenis tersebut.

Masker sekali pakai dinilai kurang efektif menghalau debu dan polusi. (Otosia)

“Masker yang biasa dijual di apotek tersebut bukan masker untuk berkendara. Memakai masker tersebut nggak efektif untuk mencegah polusi dan debu masuk melalui hidung,” jelas Nandika seperti ditulis di laman Medcom (1/8/2018).

Jadi, masker tersebut nggak bisa menghindarkanmu dari debu yang bisa mengakibatkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Penyakit tersebut tergolong jamak menyerang masyarakat Indonesia.

Kenakan masker berbahan kain yang lebih tebal. (wahanaritelindo.com)

Nah, untuk para calon pemudik yang bakal menggunakan motor, lebih baik menggunakan masker yang terbuat dari kain dan agak tebal. Masker jenis itu biasanya banyak dijual di toko aksesoris motor. Bahan masker yang lebih tebal dinilai lebih efektif menahan debu dan zat polusi agar nggak masuk ke tubuh melalui hidung maupun mulut.

Eits, jangan lupa untuk rutin mencuci masker minimal dua hari sekali, ya. Dengan begitu kebersihan masker akan tetap terjaga. Penyakit pun akan menghindar deh, Millens. (IB10/E04)