Cerita Unik Muezza, Kucing Kesayangan Nabi Muhammad SAW

Cerita Unik Muezza, Kucing Kesayangan Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi: Muezza, kucing kesayangan Nabi Muhammad SAW. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Rasulullah Nabi Muhammad Saw punya kucing kesayangan bernama Muezza. Nah, ternyata Rasulullah punya sejumlah kisah menarik terkait dengan hewan peliharaan ini,lo. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Rasulullah Nabi Muhammad SAW dikenal sayang dengan kucing. Banyak orang yang menyebut sifat ini sebagai teladan bagi semua manusia untuk sayang terhadap hewan. Nah, ternyata ada lo kisah unik tentang Muezza, kucing kesayangan Nabi Muhammad SAW.

Selain bersama dengan keluarga, Nabi Muhammad SAW dikenal sering bermain dengan Muezza. Kucing ini sangat disayang oleh Rasulullah. Bahkan, saking sayangnya, Nabi sampai nggak tega untuk membangunkannya saat sang kucing terlelap di jubahnya.

Tatkala sang kucing masih tidur dengan nyenyak tersebut, azan tiba-tiba berkumandang dari masjid. Rasulullah pun ingin segera melakukan salat berjemaah. Rasul nggak mau mengganggu Muezza yang terlihat sedang sangat nyaman. Akhirnya, Nabi Muhammad SAW memilih untuk memotong pakaian yang dipakai sang kucing tidur.

Meski pakaiannya kemudian rusak, Rasulullah sama sekali nggak mempermasalahkannya. Tatkala baru saja pulang dari masjid, Muezza sudah terbangun dan kembali mengajaknya bermain. Tanpa ragu, Rasulullah langsung mengelusnya.

Ada juga cerita yang menyebut Rasulullah pasti terlihat menggendong atau memangku Muezza tatkala ada tamu yang bertandang ke rumahnya. Hubungan kucing dan majikannya ini pun terlihat sangat erat.

Muezza Sering Menyambut Suara Adzan dengan Mengeong

Rasulullah memberikan teladan tentang merawat hewan peliharaan dengan kasih sayang. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Rasulullah memberikan teladan tentang merawat hewan peliharaan dengan kasih sayang. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Nah, ada fakta unik lain tentang Muezza yang membuat Rasulullah sangat menyayanginya. Sang kucing dikenal suka mengeong di waktu-waktu tertentu. Sebagai contoh, jika adzan berkumandang dan Muezza nggak sedang tidur, dia langsung bersuara merespons panggilan untuk beribadah tersebut.

Banyak orang yang kemudian menganggap Muezza sebagai kucing yang istimewa akibat hal ini.

Rasulullah Meminta Siapa Saja Merawat Hewan Peliharaan dengan Baik

Kepada sahabat, keluarga, dan teman-temannya, Rasulullah sering berpesan untuk selalu menyayangi hewan, khususnya hewan peliharaan. Menurut beliau, hewan yang ditelantarkan bisa menjadi dosa bagi siapapun yang memeliharanya. Nah, apa yang beliau tunjukkan bersama dengan Muezza pun jadi contoh bagaimana merawat hewan peliharaan dengan penuh kasih sayang.

Rasulullah bahkan sempat menceritakan tentang kisah seorang perempuan yang masuk neraka hanya gara-gara kucing. Meski memelihara hewan berbulu menggemaskan itu, sang perempuan sering lupa memberinya makan. Andai pun diperbolehkan makan, makanannya ditempatkan di lantai, bukannya di wadah yang layak.

Sang kucing nggak sering diajak bermain atau dielus. Bahkan, sang kucing sering diikat sehingga nggak bisa bebas berjalan-jalan. Padahal, kucing dikenal sebagai hewan penjelajah meskipun selalu ingat untuk pulang ke rumah. Nah, gara-gara inilah, sang perempuan pun mengumpulkan dosa yang sangat besar.

Jadi, kalau kamu tertarik untuk memelihara kucing atau hewan peliharaan lain, sebaiknya pastikan untuk merawatnya dengan baik, ya Millens. Jangan hanya suka memeliharanya karena ikut-ikutan tren sehingga bakal mudah bosan dan nantinya nggak memeliharanya dengan baik. (Boo/IB09/E05)