Cerita Mantan Ajudan Gus Dur Melihat Hantu Noni Belanda di Wisma Negara

Cerita Mantan Ajudan Gus Dur Melihat Hantu Noni Belanda di Wisma Negara
Ajudan Gus Dur Priyo Sambadha mengaku pernah melihat hantu noni Belanda. (Twitter/Mazzini_gsp/KILTV Leiden)

Mantan ajudan Gus Dur, Priyo Sambadha, terkejut dengan sebuah foto perempuan Belanda yang diambil di masa penjajahan. Dia menyebut rupa foto perempuan tersebut persis dengan hantu Noni Belanda yang dia lihat di Wisma Negara. Wih!

Inibaru.id – Kamu pasti sering mendengar cerita hantu noni Belanda di gedung-gedung lawas peninggalan kolonial atau di gedung-gedung pemerintahan berusia tua. Nah, kali ini yang menceritakan adalah cerita mantan ajudan Gus Dur, panggilan akrab mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Priyo Sambadha Wirowijoyo. Dia mengaku melihatnya saat Gus Dur masih menjabat, Millens.

Cerita Priyo viral di media sosial Twitter usai akunnya @PSambadha, mencuit komentar dari sebuah foto dari akun yang diunggah @mazzini_gsp. Akun yang disebut terakhir memang sering mengunggah cuitan terkait sejarah.

Maaf, ini siapa ya? Kok mirip banget dengan yang di lantai 6 Wisma Negara. Kaget saya,” tulis Priyo, Minggu (23/1/2022), pukul 21.45 WIB.

Foto yang diunggah Mazzini pada Minggu (23/1) pukul 20:54 WIB menunjukkan seorang perempuan muda Belanda yang berasal dari arsip KITLV Leiden. Arsip ini hanya menunjukkan kalau foto ini berjudul “Europees meisje te Batavia” dan dibuat oleh Charls & van Es & Co. N.V (Nederlandsch-Indie). Diperkirakan, foto ini dibuat di Batavia pada 1900.

Meski begitu, Priyo mengaku sudah menemukan nama dari perempuan di foto tersebut, yakni Christine van Haurssen/Hauvssen. Menurut ceritanya, Christine merupakan anak dari pedagang rempah-rempah dan hasil pertanian yang juga seorang akuntan. Hm, jadi menarik ya, ceritanya?

Kompleks Istana Kepersidenan dikenal punya banyak cerita mistis. (Flickr/

arjunalistened)
Kompleks Istana Kepersidenan dikenal punya banyak cerita mistis. (Flickr/ arjunalistened)

Omong-omong, Priyo mengaku pernah melihat sosok hantu noni Belanda ini saat bertugas di Istana Kepresidenan. Sebagai ajudan Gus Dur yang saat itu menjabat, Priyo harus mengikuti Gus Dur yang memilih untuk tinggal di sana untuk alasan efisiensi. Nah, Priyo juga diminta untuk tinggal di Wisma Negara.

Wisma Negara ini adalah bangunan yang sudah ada sejak zaman Belanda dan memiliki enam lantai. Lokasinya persis di antara Istana Merdeka serta Istana Negara, Millens. Di sini, kamarnya ada banyak layaknya hotel, tapi nggak dihuni selama bertahun-tahun.

Melalui cuitannya pada 8 Desember 2021 lalu, Priyo bercerita kalau banyak orang yang sudah lama bekerja di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta yang menceritakan tentang hantu Noni Belanda, baik itu Paspampres, tukang bersih-bersih, dan lain-lain. Menurut Priyo, seringkali para staf itu bekerja bersamaan dan jarang yang melakukan tugasnya sendirian.

Priyo mengaku bertemu dengan hantu noni Belanda saat akan pulang dan beristirahat di Wisma Negara. Kamarnya sih di lantai 3, tapi, meski sudah menekan tombol lift untuk keluar di lantai tersebut, lift itu justru mengarah ke lantai 6 yang dikenal angker. Saat pintu lift terbuka di lantai yang kosong dan gelap tersebut, di situlah Priyo melihat sang hantu noni Belanda.

Nah, hantu itulah yang Priyo yakin persis dengan foto yang diunggah oleh Mazzini.

Hm, kamu sendiri punya pengalaman melihat hantu noni Belanda belum, Millens? (Twi, Kum/IB09/E05)