Cerita Maneki Neko, Kucing Pembawa Hoki di Toko-Toko

Cerita Maneki Neko, Kucing Pembawa Hoki di Toko-Toko
Maneki Neko, sang kucing pembawa hoki. (Flickr/Mr.TinDC)

Kalau kamu melihat patung atau mainan kucing di toko-toko atau warung, namanya Maneki Neko, Millens. Nah, kucing pembawa hoki ini punya cerita unik, lo.

Inibaru.id – Kamu pasti sering banget melihat Maneki Neko di toko-toko atau warung. Bentuknya soalnya sangat unik, yakni seperti mainan kucing dengan posisi duduk dengan satu tangan yang melambai seperti memanggil-manggil. Nah, ternyata ada lo cerita unik soal mainan yang mirip patung kucing ini, Millens.

Dulu, mainan kucing ini identik dengan toko-toko atau tempat makan yang dikelola oleh orang Tionghoa. Namun, kini, banyak juga tempat usaha dari warga lokal yang memakainya. Ada yang ikut-ikutan percaya kalau mainan kucing ini bisa membawa hoki. Namun, ada pula yang ikut memajangnya karena menganggap mainan ini lucu.

Menariknya, meski dianggap identik dengan kultur Tionghoa di Indonesia, realitanya Maneki Neko ini aslinya dari Jepang, lo. Dari namanya saja yang sangat khas Jepang ini, artinya adalah kucing yang bisa memberi keberuntungan.

Memang, di banyak negara, Maneki Neko memiliki versinya masing-masing. Namun, ada hal-hal yang pasti bisa kamu temukan di mainan ini. Contohlah, di mainan ini, sang kucing memakai celemek yang mirip dengan kalung yang dilengkapi dengan lonceng.

Selain itu, jenis kucing yang jadi patokan membuat pajangan ini adalah Japanese Bobtail dengan ekor pendek dan bulat. Maklum, kucing ini dianggap pembawa keberuntungan oleh warga Negara Matahari Terbit.

Kabarnya sih ya, Maneki Neko sudah dikenal sejak Zaman Edo (1603-1867), tepatnya sekitar 1852 di Tokyo. Dulu, banyak warga Jepang mendandani kucingnya dengan celemek. Alasannya sih biar ketahuan kalau kucing ini dimiliki oleh orang-orang berada, Millens.

Maneki Neko aslinya dari Jepang. (Flickr/

leo gonzales)
Maneki Neko aslinya dari Jepang. (Flickr/ leo gonzales)

Tangan yang Melambai Berbeda-beda

Fakta soal ini mungkin kamu nggak banyak tahu. Jadi, ternyata ada beberapa jenis lambaian tangan dari Maneki Neko, lo. Jadi, contohnya, kalau tangan yang melambai pada mainan ini adalah tangan kanan, kabarnya bisa membuat lebih banyak uang datang. Kalau yang melambai adalah tangan kiri, kabarnya bisa membuat banyak pelanggan datang.

Yang menarik, ada juga sebenarnya yang melambaikan kedua tangannya. Tapi, yang ini jarang dipakai karena malah kelihatan seperti orang yang sudah menyerah, Millens.

Kalau kamu cermati juga, ada beberapa barang yang dipegang oleh mainan kucing ini di tangan yang nggak melambai. Contohlah, ada yang memegang koin Koban, koin di Zaman Edo yang dikenal menjadi simbol kekayaan. Kalau yang dipegang adalah ikan, diyakini bisa membawa keberuntungan. Kalau yang dibawa adalah bola ajaib, dikabarkan bisa memberikan kebijaksanaan. Yang menarik adalah jika yang dipegang mainan ini adalah kundur yang bisa mengusir roh jahat.

Aslinya ya, Maneki Neko ini warganya putih yang diyakini bisa membawa keberuntungan. Namun, ada juga warna lain seperti merah yang bisa mendatangkan kekayaan, merah muda yang bisa membantu mencarikan jodoh, hingga hitam yang bisa melawan mara bahaya serta penyakit.

Nah, kamu tertarik nggak memajang Maneki Neko di tempat usaha kamu, Millens? Biar makin hoki! Haha. (Kom/IB09/E05)