Cek Playlist-mu Sekarang! Ratusan Lagu K-pop di Spotify Hilang, Kenapa?

Cek Playlist-mu Sekarang! Ratusan Lagu K-pop di Spotify Hilang, Kenapa?
Lagu-lagu Kpop hilang dari Spotify gara-gara ada perselisihan dengan distributor lagu K-pop lokal, Kakao M. (Flickr/Freestock.org)

Ratusan lagu K-pop hilang dari Spotify. Ini gara-gara nggak ada kesepakatan dengan distributor Kakao M. Seperti apa ya duduk perkaranya?

Inibaru.id – Playlists lagu k-pop kesuakaanmu dari deretan artis seperti IU, GFriend, CL, Mamamooo, dan Chery Bullet, dipastikan nggak bisa kamu cari atau dengarkan lagi di Spotify. Padahal, lagu-lagu tersebut saat ini tengah digandrungi para k-popers seantero jagat.

Kabar ini tentu saja mengejutkan banyak pihak. Warganet, khususnya yang menggemari lagu-lagu k-pop belakangan dikejutkan dengan hilangnya lagu-lagu populer itu di salah satu layanan pemutar musik daring di dunia tersebut.

Usut punya usut, hilangnya lagu-lagu ini dari daftar lagu di Spotify nggak lepas dari belum adanya kesepakatan baru antara platform penyedia musik digital freemium itu dengan distributor lagu-lagu k-pop Kakao M.

Kakao M adalah perusahaan co-publisher terbesar di Korea Selatan. Saat ini, perusahaan yang didirikan Min Yeong-bin pada 1978 itu memiliki hak untuk mendistribusikan begitu banyak lagu-lagu k-pop, khususnya yang sedang populer. 

Di belantika musik Korea Selatan, Kakao M terbilang memiliki pengaruh yang cukup besar. Perlu kamu tahu, dari daftar Top 400 Lagu Terpopuler 2020 di Gaon Music Chart, 37,5 persennya didistribusikan oleh Kakao M.

Berakhir 1 Maret 2021

Kesepakatan perjanjian Spotify dan Kakao M telah selesai sejak 1 Maret 2021. (Flickr/

Kārlis Dambrāns)
Kesepakatan perjanjian Spotify dan Kakao M telah selesai sejak 1 Maret 2021. (Flickr/ Kārlis Dambrāns)

Terhitung mulai 1 Maret 2021, Spotify sudah nggak lagi memiliki lisensi untuk memutar lagu-lagu yang didistribusikan oleh Kakao M. Maka, kerja sama yang telah berlangsung selama 1,5 tahun terakhir itu pun harus disudahi.

Pihak Spotify mengklaim telah berusaha untuk memperbarui kesepakatan lisensi global dengan Kakao M. Mereka mengaku sudah melakukan yang terbaik, tapi perjanjian lisensi dengan perusahaan yang juga bergerak di bidang label rekaman dan produksi konser itu nggak juga tercapai. 

Mereka berharap ketidaksepahaman ini hanya berlangsung sementara. Pihak Spotify hingga saat ini masih terus berusaha untuk memperbarui perjanjian.

Kesepakatan yang belum terjalin antara Kakao M dengan Spotify ini tentu menimbulkan kecemasan di kalangan para penyanyi k-pop. Grup musik Epik High sempat mengungkapkan kegalauan yang mereka alami. Mereka mengatakan, perselisihan itu membuat album Is Here yang baru saja dirilis nggak bisa didengar secara global.

"Terlepas dari siapa yang salah, mengapa kami, para artis dan penggemar, justru menderita atas mereka yang serakah dengan mengatasnamakan seni,” protes mereka.

Belum adanya kesepakatan ini pun memunculkan pelbagai spekulasi, salah satunya adalah keberadaan MelOn, platform musik digital terbesar di Negeri Gingseng yang dimiliki Kakao M.

Duh, duh, musikus k-pop idolamu ada yang hilang juga nggak, nih? Hm, untuk sementara kamu bisa dengerin artis-artis di bawah label SM, JYP, YG, serta BigHit Entertainment dulu kali ya! Mereka tetap bisa kamu dengerin, kok, Millens! (Ant/IB09/E03)