Cegah Pelecehan Seksual Saat Konser, Kunto Aji dan .Feast Inisiasi Tanda Bahaya

Mengantisipasi kasus pelecehan seksual, kekerasan, atau munculnya masalah kesehatan di tengah-tengah acara konser, Kunto Aji dan band .Feast ciptakan tanda bahaya berupa gif.

Cegah Pelecehan Seksual Saat Konser, Kunto Aji dan .Feast Inisiasi Tanda Bahaya
Kunto Aji dan .Feast luncurkan tanda bahaya. (Jakpost)

Inibaru.id – Kunto Aji dan band .Feast menginisiasi tanda yang bisa digunakan oleh penonton konser yang sedang dalam kondisi bahaya atau darurat. Tanda ini berupa tulisan S.O.S dalam bentuk gif.

Gif dengan warna merah dan hitam itu jadi cara bagi penonton untuk meminta pertolongan pada orang lain di sekitarnya saat konser berlangsung. Penonton yang ada dalam keadaan bahaya bisa membuka Gif itu di ponselnya sembari mengangkat ponsel dan memperlihatkannya ke arah depan atau kanan, kiri, dan belakangnya. Tulisan yang cukup mencorong itu bisa dengan mudah dikenali orang-orang di atas panggung maupun di area penonton.

Simpan gif ini apabila kalian mengalami kejadian yang membutuhkan pertolongan di setiap konser kami dan pertunjukan musik lain. Saling jaga dan perhatikan sekitarmu,” tulis .Feast lewat akun Twitter resminya.

Namun, mereka berharap nggak ada yang menyalahgunakan tanda tersebut.

Baskara Putra vokalis .Feast mengatakan tanda ini sebagai bentuk pencegahan pada kasus pelecehan seksual, masalah kesehatan, maupun kekerasan yang dialami penonton saat konser. Hal ini diinisiasi Baskara mengingat beberapa waktu lalu seorang penonton di konsernya mengalami pelecehan seksual saat acara berlangsung.

Tanda bahaya ini turut dibagikan penyanyi Kunto Aji. Menurut Aji, tanda tersebut diperlukan demi membuat semua penonton merasa aman dan nyaman saat menonton konser sekalipun datang sendirian.

Ini adalah alarm bagi saya, team, dan semua teman yang berada di dalam arena panggung. Simpan ini masukkan folder khusus, jika kalian mengalami pelecehan, kekerasan atau kondisi fisik seperti mau pingsan dan sesak nafas, gunakan ini. Arahkan ke belakang juga, saling jaga,” cuit Aji di akun Twitter pribadinya.

Sesaat setelah tanda bahaya ini diunggah di akun @listentofeast dan @kuntioajiW, nggak sedikit yang memuji tindakan mereka. Sementara yang lain mengusulkan agar turut dibuat tanda bahaya dengan tulisan "TOLONG".

"Versi "TOLONG" nya juga kak kalo ada. Lumayan kebantu buat di transportasi umum biar lebi general," tulis akun @gdrmwn.

Semoga ide ini bisa meminimalisasi pelecehan seksual ataupun kekerasan yang dialami penonton di tengah konser ya, Millens! (IB09/E06)