Cegah Kecelakaan, Polisi Ini Relakan Motor Dinasnya Jadi Pengganjal Ban Truk

Cegah Kecelakaan, Polisi Ini Relakan Motor Dinasnya Jadi Pengganjal Ban Truk
Sepeda motor milik polisi yang dipakai untuk mengganjal truk yang mundur. (Twitter/aripersonalblog)

Tahu akan terjadi kecelakaan saat melihat truk yang tak kuat menanjak, Ipda Tatang tempatkan sepeda motornya sebagai ganjal truk. Seperti apa cerita selengkapnya?

Inibaru.id – Aksi heroik dilakukan anggota kepolisian Polda Kalimantan Barat (Kalbar) Ipda Tatang. Lelaki yang menjabat sebagai Kanit Lantas Polsek Sungai Raya, Kubu Raya merelakan sepeda motornya menjadi ganjal ban truk demi mencegah kecelakaan sekaligus menyelamatkan banyak nyawa pengendara.

Laman Detik, Jumat (3/5/2019) menulis, Ipda Tatang melakukan aksinya di Jembatan Kapuas 2 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Jumat (3/5) pukul 08.45 WIB. Saat itu, dia melihat ada truk yang tak kuat menanjak dan mulai mundur.

“Waktu itu kan jalanan lagi padat. Posisi truknya itu mau naik di jembatan tiba-tiba mogok dan mundur. Kebetulan ada anggota kita lagi atur lalu lintas. Daripada mundur dan memicu kecelakaan di bawah, dia inisiatif mengorbankan sepeda motor dinasnya untuk mengganjal ban truk,” ucap Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go.

Jika saja Ipda Tatang nggak melakukan inisiatif ini, bisa dipastika terjadi kecelakaan karena banyak pengendara di belakang truk yang nggak lagi memiliki ruang untuk menghindar.

“Kalau mundur pasti masyarakat ada yang kena karena truk sudah nggak bisa dikendalikan. Warga mau lari ke mana? Kan posisinya di jembatan,” lanjut Kombes Donny.

Berkat aksi Ipda Tatang, truk nggak lagi mundur dan benar-benar berhenti. Tidak ada korban jiwa ataupun korban luka-luka akibat hal ini. Kendati begitu, supir truk langsung dimintai keterangan di kantor polisi.

“Iya, supir dan kendaraannya dibawa ke kantor polisi untuk pemeriksaan,” pungkasnya.

Apa yang dilakukan Ipda Tatang patut diacungi jempol. Dia bisa berpikir cepat dalam situasi yang sangat genting demi menyelamatkan hidup banyak orang. Salut! (IB09/E04)