Cegah Covid-19, Cuci Tanganmu Setelah Menyentuh Benda-Benda ini

Cegah Covid-19, Cuci Tanganmu Setelah Menyentuh Benda-Benda ini
Mencuci tangan. (Unsplash)

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah salah satu cara ampuh untuk mencegah penularan Covid-19 atau virus corona. Sebaiknya kita melakukannya setelah menyentuh benda-benda berikut ini.

Inibaru.id - Peningkatan kasus virus corona atau Covid-19 masih terjadi di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah aja sekaligus menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan virus ini.

Selain itu, pencegahan penyebaran Covid-19 sebenarnya juga bisa dilakukan dengan langkah sederhana, seperti rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan. Kita bahkan sangat disarankan untuk segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah menyentuh beberapa benda berikut ini.

Uang

Uang. (SimulasiKredit)
Uang. (SimulasiKredit)

Ketika menyentuh uang kertas atau uang logam, bisa jadi tangan kamu terpapar bakteri seperti salmonella dan E.coli. Hal ini disebabkan oleh uang yang bisa saja telah dipegang oleh banyak orang sebelumnya. Selain itu, kamu juga nggak akan tahu tingkat kebersihan orang yang menyentuh uang itu sebelumnya.

Cucilah tangan setelah menyentuh uang untuk menghindari penyebaran bakteri. Selain itu, jika memiliki kartu debit, kamu bisa mulai menggunakannya agar nggak sering menyentuh uang tunai saat berbelanja.

Gagang pintu atau Pegangan Tangan Lainnya di Tempat Umum

Gagang pintu. (Pgimgs)
Gagang pintu. (Pgimgs)

Benda untuk tumpuan atau pegangan tangan pada fasilitas umum sangat berpotensi menyebarkan kuman lho, Millens. Benda benda ini bisa berupa gagang pintu , pembuka toilet umum, pegangan eskalator, pencetan lift, pegangan di dalam bus, dan sebagainya. Pastikan untuk mencuci tangan setelah menyentuhnya.

Daftar Menu Rumah Makan

Menu makanan. (Subur)
Menu makanan. (Subur)

Meskipun tampak bersih, restoran dapat menjadi sumber kuman. Kamu nggak tahu apakah orang sebelumnya yang memegang menu makanan tersebut telah mencuci tangannya atau tidak. Untuk berjaga-jaga, cucilah tanganmu menggunakan sabun dan air mengalir setelah memegang menu makanan atau sebelum makan.

Hewan

Hewan. (Merries)
Hewan. (Merries)

Meski hewan peliharaan sering kita bersihkan, terkadang kamu nggak tahu hewan ini telah berkeliaran di mana saja. Bisa jadi ada bakteri, kuman, atau virus yang menempel pada tubuhnya. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuhnya, ya Millens.

Layar Sentuh pada Fasilitas Umum

ATM. (Dream)
ATM. (Dream)

Layar sentuh pada beberapa fasilitas umum berpotensi menyebarkan kuman karena disentuh oleh banyak orang. Contoh peralatan yang memakai teknologi ini adalah mesin ATM dan pemindai sidik jari di mesin absensi. Pastikan untuk mencuci tangan setelah menyentuhnya.

Berbagai Benda yang Ada di Bandara

Bandara. (Catperku)
Bandara. (Catperku)

Setiap harinya, ada 2,6 juta penumpang pesawat yang melakukan perjalanan udara. Hal tersebut membuat bandara menjadi rumah bagi ribuan jenis bakteri dan bibit penyakit. Setiap benda di bandara yang berpotensi disentuh oleh banyak orang pun bisa menjadi penyebab menularnya penyakit. Pastikan untuk mencuci tangan setelah menyentuhnya.

Setelah beraktivitas di tempat umum, cucilah tanganmu menggunakan sabun dan air mengalir. Jika tak ada, gunakan hand sanitizer untuk menghindari penyebaran penyakit Covid-19, ya Millens. (Fem/IB24/E07)