Cegah Corona, Penumpang Kereta Api Bandara Railink Wajib Gunakan Masker

Cegah Corona, Penumpang Kereta Api Bandara Railink Wajib Gunakan Masker
KA Bandara Soetta PT Railink. (Okezone/Feby)

Kereta Api Bandara Railink mewajibkan semua penumpangnya untuk menggunakan masker kain mulai Sabtu (12/4/2020) nanti. Untuk sosialisasinya, akan dilaksanakan mulai hari ini, Senin (6/4). Bagi penumpang yang melanggar, nggak diperkenankan masuk area stasiun KA Bandara.

Inibaru.id – Pemerintah mewajibkan semua masyarakat menggunakan masker untuk mencegah penularan covid-19 yang kian hari semakin parah di Indonesia. Imbauan ini juga mulai diterapkan oleh Kereta Api Bandara Railink.

Sebagaimana press release yang diterima Inibaru.id,  Humas PT Railink Diah Suryandari menjelaskan kewajiban penggunaan masker diterapkan guna mengantisipasi penyebaran covid-19. Hal ini sesuai dengan imbauan Gubernur DKI Jakarta No. 9 tahun 2020.

“Penggunaan masker dapat mengurangi risiko penularan COVID-19 dari orang yang terinfeksi kepada orang lain. Untuk itu, bagi penumpang yang tidak menggunakan masker tidak diperkenankan untuk menggunakan KA Bandara atau memasuki area stasiun KA Bandara,” kata Diah.

Humas Railink Diah Suryandari (Twitter/@RailinkARS)
Humas Railink Diah Suryandari (Twitter/@RailinkARS)

Kebijakan ini efektif berlaku mulai Sabtu (12/4/2020). Sebelumnya, akan dilakukan sosialisasi pada tanggal 6-11 April 2020. Seluruh pelanggan jasa PT Railink diminta untuk mempersiapkan masker sendiri. Masker yang disarankan adalah jenis masker kain yang setidaknya terdiri dari dua lapis dan bisa dicuci.

Penggunaan masker kain lebih disarankan daripada penggunaan masker medis karena para tenaga medis lebih membutuhkan masker tersebut ketika sedang bertugas. Jika masker medis juga dipakai masyarakat, dikhawatirkan para tenaga medis justru nggak kebagian. Padahal mereka lebih membutuhkan.

Penerapan kebijakan menggunakan masker melengkapi kebijakan-kebijakan yang telah dibuat sebelumnya seperti pembatasan operasional, pengukuran suhu tubuh, dan pembatasan jarak fisik antar penumpang. Jadwal pembatasan sektor transportasi dengan membatasi penumpang juga telah diterapkan.

Antisipasi corona, Railink Terapkan Social Distancing. (ANTARA FOTO/Anindira Kintara)
Antisipasi corona, Railink Terapkan Social Distancing. (ANTARA FOTO/Anindira Kintara)

“Bagi penumpang yang telah membeli tiket, dapat menyesuaikan dengan perjalanan kereta bandara yang tersedia atau melakukan pengembalian tiket 100% dengan menyertakan bukti tiket dan bukti transaksi ke email info@railink.co.id,” pungkas Diah.

Data volume penumpang PT Railink di KA Bandara Soekarno Hatta dan KA Bandara Medan periode Maret sampai April menunjukkan penurunan rata-rata volume penumpang harian. Dibandingkan volume penumpang Februari 2020, terjadi penurunan 45 persen selama Maret 2020. Volume rata-rata penumpang harian turun dari 5.622 penumpang menjadi hanya 3.096 penumpang. Ini mengindikasikan masyarakat banyak yang telah mengikuti imbauan pemerintah untuk di rumah aja.

Bagi kamu yang pengin mengetahui informasinya lebih lanjut, bisa membuka situs www.railink.co.id dan media sosial Railink di IG @kabandara, FB @KABandaraRailink, dan Twitter @RailinkARS. So, siap-siap memakai masker jika mau pergi ya, Millens! (MG26/E07)