Cegah Corona, Nggak Boleh Pakai Ponsel di Keramaian?

Cegah Corona, Nggak Boleh Pakai Ponsel di Keramaian?
Memakai ponsel di keraiaman dianggap bisa menyebabkan penularan virus Corona. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Jumlah kasus penularan Covid-19 di Indonesia masih tinggi dan sulit untuk dikendalikan. Hal ini disebabkan oleh media penularannya yang bermacam-macam. Bahkan ada yang menyebut penggunaan ponsel di keramaian bisa menjadi salah satu medianya.

Inibaru.id – Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro menyarankan masyarakat untuk benar-benar menjalankan protokol kesehatan demi menurunkan risiko penularan Covid-19. Dia pun berkali-kali mengingatkan pentingnya memakai masker dan menjaga jarak. Dua hal tersebut dianggap sudah cukup untuk menurunkan risiko penularan hingga 85 persen.

Reisa juga menjelaskan tentang droplet atau percikan air liur yang bisa saja ditemukan di mana saja, khususnya di tempat umum. Hal inilah yang membuat masyarakat seharusnya terus memakai masker di luar rumah.

Dia pun menyarankan masyarakat untuk nggak menggunakan ponsel atau telepon genggam di tempat umum, sebab ponsel bisa menjadi media yang dapat dengan cepat menyebarkan virus Covid-19. Apalagi jika permukaannya terkontaminasi oleh droplet.

“Hindari menggunakan telepon genggam saat di tempat umum, terutama apabila berdesakan dengan orang lain dan nggak bisa menjaga jarak aman,” kata dr. Reisa.

Nggak memakai ponsel di tempat umum memang sulit untuk dilakukan. Apalagi hampir semua hal bisa dilakukan dengan ponsel. Hanya, demi mencegah penularan virus ini, sebaiknya memang kamu mulai membiasakannya.

Virus bisa bertahan di permukaan kaca yang ada pada layar ponsel. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Virus bisa bertahan di permukaan kaca yang ada pada layar ponsel. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Menurut WHO, virus SARS-CoV tahun 2003 dapat bertahan hidup di permukaan kaca hingga 96 jam atau empat hari. Sementara itu , pada permukaan plastik dan stainless steel, virus mampu bertahan sekitar 72 jam atau tiga hari. Jadi, bisa diasumsikan bahwa virus corona mampu bertahan di ponsel kamu sekitar kurang lebih 3-4 hari.

Hal inilah yang membuat dr Reisa menyarankan kamu untuk nggak memakai ponsel di tempat umum. Apalagi jika ada banyak kerumuman. Dikhawatirkan, virus bisa hinggap ke ponsel. Padahal, kamu bisa memakai ponsel ini kapan saja meski belum membersihkannya.

Selain nggak memakainya di tempat umum, pakar kesehatan juga menyarankan kamu untuk sering membersihkan ponselmu demi mencegah penularan Covid-19. Nah, berikut tips yang bisa kamu terapkan agar ponsel kamu kembali bersih dan terhindar dari kontaminasi virus maupun bakteri.

Pertama, kamu bisa membersihkan ponsel dengan menggunakan tisu basah antiseptic. Usap tisu ini ke layar dan bagian punggung ponsel. Setelah diusap dengan tisu basah, keringkan dengan kain microfiber. Jangan lupa untuk membersihkan beberapa lubang seperti jack audio, lubang speaker, dan pengisi daya.

Untuk membersihkan lulbang-lubang tersebut, kamu dianjurkan menggunakan cotton bud yang dicelupkan ke dalam cairan alkohol 70 persen. Setelah, itu lap bagian tersebut dengan kain microfiber.

Saran yang diberikan dr Reisa sebaiknya kamu dengarkan ya, Millens. Selain itu, jangan lupa pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak kalau keluar rumah, ya. (Oke/MG31/E07)