Cegah Corona, Gunakan Masker Kain Maksimal 4 Jam

Cegah Corona, Gunakan Masker Kain Maksimal 4 Jam
Masker kain memiliki efektivitas sebesar 70 persen mencegah virus, bisa digunakan selama 4 jam, dan bisa dicuci kembali. (Dok. Screenshoot Maker's Habitat/Dinny Mutiah)

Pemerintah menerapkan kebijakan penggunaan masker bagi seluruh masyarakat untuk mencegah penyebaran corona. Masker kain bisa dijadikan pilihan. Tapi, penggunaannya nggak boleh lebih dari 4 jam.

Inibaru.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan masker bagi masyarakat guna mencegah penyebaran covid-19. Rekomendasi tersebut direspon oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan meminta semua kalangan masyarakat di Indonesia untuk menggunakannya.

“Mulai hari ini sesuai dengan rekomendasi dari WHO. Kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker,” Kata Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona pada Minggu (5/4/2020) di Graha BNBP

Yuri menegaskan jenis masker yang bisa digunakan oleh masyarakat adalah masker kain, bukan masker bedah yang digunakan oleh para tenaga medis. Bukan pula masker N95 yang konon bisa menyaring partikel dengan efektivitas 95 persen.

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

“Masker bedah, masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain, ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu di luar orang tanpa gejala banyak didapatkan, kita tidak tahu bahwa mereka adalah sumber penyebaran penyakit,” ucap Yuri.

Masker kain dinilai lebih ramah lingkungan karena bisa dicuci dan digunakan kembali.  Hanya, efektivitas masker kain hanya bisa bertahan selama empat jam saja.

Sementara itu, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, menyarankan penggunaan masker kain yang terdiri dari tiga lapis agar lebih efektif mencegah virus corona. Terlebih jika kamu berada di tempat berkumpulnya massa.

“Masker kain lapis tiga bisa digunakan masyarakat ketika kita berada di tempat umum atau keramaian,” kata Wiku.

Buat masker kain lapis tiga. (ANTARA/Arif Firmansyah)
Buat masker kain lapis tiga. (ANTARA/Arif Firmansyah)

Eits, masker kain nggak harus kamu beli lo, karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Ukurannya pun bisa kamu sesuaikan dengan bentuk wajah, terutama di bagian hidung dan dagu. Wiku menyebut masker kain tiga lapis memiliki efektivitas sebesar 70 persen dalam mencegah virus.

“Hasil penelitian masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen. Dengan demikian masyarakat harus tetap jaga jarak saat di keramaian mininimal satu sampai dua meter dan apabila tidak memiliki kegiatan penting di luar sebaliknya tinggal di rumah,” lanjut Wiku.

Meski masker kain sangat membantu, jangan lupa untuk tetap jaga jarak dan jika nggak perlu, sebaiknya di rumah aja, ya Millens! (Det/MG26/E07)