Cegah Anak Kecanduan Main Ponsel dengan Cara Ini

Beberapa waktu lalu media sosial ramai dengan unggahan foto seorang anak yang matanya didandani lingkaran hitam oleh ibunya. Hal ini dilakukan untuk membuat anak jera agar nggak bermain ponsel lagi. Namun, apakah memberi hukuman anak seperti itu benar?

Cegah Anak Kecanduan Main Ponsel dengan Cara Ini
Mencegah anak bermain ponsel. (Kumparan)

Inibaru.id – Beberapa waktu lalu beredar foto anak yang menangis karena kaget lingkaran matanya menjadi hitam. Lingkaran hitam itu tidak asli tapi karena dia didandani ibunya. Yap, tindakan itu semacam hukuman dari ibu ke anak supaya si anak nggak bermain ponsel secara terus menerus.

Viral, mata anak ini dilingkari warna hitam ibunya karena kecanduan ponsel. (Facebook/Zahnia Gita)

“Ini adalah perbuatan ibunya yang make up pas lagi tidur lalu pas bangun anak tanya kenapa mata hitam. Ibu jawab, karena terlalu banyak main HP. Anak nangis terisak-isak menyesal. Hahaha boleh coba mak emak," tulis salah satu takarir di unggahan Facebook Zahnia Gita pada Minggu (14/7/2019).

Menanggapi hal tersebut, psikolog pemerhati anak Seto Mulyadi menilai, cara mendidik anak dengan memberi hukuman seperti itu nggak dibenarkan. Hal itu malah termasuk dalam kekerasan terhadap anak. Seto juga mengatakan, cara memberi lingkaran pada kedua mata agar si anak jera termasuk perundungan.

Selanjutnya, Seto mengatakan ponsel tetap dapat memberikan manfaat pada anak dengan aturan penggunaan yang ketat. Dia menyarankan agar memberikan pengalaman bermain yang mengasyikkan, misalnya bermain di alam bebas. Bermain di luar bisa jadi sarana pengalihan supaya anak nggak berkutat dengan ponsel.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, Selasa (16/7/2019), pegiat pelindungan anak, Diena Haryana mangatakan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengontrol penggunaan gawai pada anak. Orang tua dapat mengaktifkan fitur kontrol pada gawai, nggak sering-sering meminjamkan gawai, sering memantau kegiatan anak, dan memberikan waktu kepada anak untuk bermain gim edukasi.

Kalau menurutmu, gimana nih, Millens? (IB07/E04)