Catatan 2017: Tamu-tamu Penting yang Datang ke Indonesia

Keindahan Indonesia dan keramahan masyarakatnya bukanlah semata slogan. Nggak sedikit tokoh dunia sengaja datang ke negeri ini untuk berlibur atau sekadar berinteraksi dengan penduduknya. Di antara tamu-tamu tersebut, ada tiga yang begitu menarik perhatian tahun ini. Siapa saja?

Catatan 2017: Tamu-tamu Penting yang Datang ke Indonesia
Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud pada 3 Maret 2017. (Vibizmedia.com/Mark Sinambela)

Inibaru.id – Hubungan Indonesia dengan negara-negara dunia senantiasa jadi sorotan masyarakat Tanah Air. Kunjungan para tokoh dunia ke negeri ini selalu menjadi topik hangat, terutama oleh warganet. Selama 2017 ini, setidaknya ada tiga sosok yang begitu menarik perhatian.

Sosok paling fenomenal tentu saja adalah kedatangan penguasa Saudi, Salman bin Abdul Aziz al-Saud, pada 3 Maret lalu. Kunjungan tersebut begitu ditunggu masyarakat. Kali terakhir Raja Saudi datang ke Indonesia adalah 47 tahun lalu.  Jadi, tentu saja ini menjadi momen bersejarah buat kita.

 

Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud. (Instagram.com/Jokowi)

Nggak cuma momennya yang bersejarah, kunjungan itu juga menarik perhatian lantaran Raja Salman datang bersama rombongan yang mencapai seribu orang. Seperti ditulis Idntimes.com, Selasa (26/12/2017), rombongan Saudi berada di Indonesia selama sekitar dua minggu.

Di samping kunjungan resmi untuk bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah kalangan pemerintahan membahas beberapa perjanjian bilateral, Raja Salman juga ke Bali untuk berlibur. Di Pulau Dewata, nggak kurang dari 3 hotel disewa untuk 10 hari. Wah!

Baca juga:
Catatan 2017: Remeh-temeh Jokowi yang Curi Perhatian Netizen
Tahun 2018, Apa Medsos Pilihanmu?

Selain Salman, sosok penting yang berlibur ke Pulau Bali adalah eks Presiden AS, Barack Obama. Selain Bali, tokoh yang terkenal dengan kampanye “Yes, We Can!” itu juga piknik ke Yogyakarta dan bertemu Jokowi di Jakarta.

Barack Obama. (Instagram.com/Jokowi)

Kedatangan Obama ke Bali dan Yogyakarta sekitar akhir Juni 2017, sedangkan pertemuan dengan Presiden RI dilangsungkan awal Juli lalu. Pertemuan Jokowi-Obama berjalan santai di Istana Bogor. Presiden AS ke-44 itu juga sempat menjadi pembicara dalam pertemuan diaspora Indonesia setelahnya.

Nah, sosok penting terakhir yang juga menyorot perhatian warganet adalah Melinda Gates. Kunjungan istri salah satu orang terkaya dunia, Bill Gates, itu sejatinya kurang begitu diekspos media. Namun, telinga warganet nyatanya jauh lebih tajam.

 

Melinda Gates. (Instagram.com/melindafrenchgates)

Pada pertengahan Maret lalu, Melinda mengunjungi Yogyakarta dan Klaten. Kunjungan ini cukup mengejutkan karena sebelumnya nggak ada kabar apapun terkait rencana ini. Pendiri Bill and Melinda Gates Foundation itu berkunjung dalam rangka pengembangan penelitian dan sosial.

Melinda ke Indonesia untuk meninjau perkembangan penelitian guna mengurangi penyebaran demam berdarah atau Eliminate Dengue Project (EDP) di Yogyakarta. Selain itu, dia juga ke RS khusus ibu dan anak di Klaten untuk melihat progres program KB di sana.

Baca juga:
Presiden Jokowi Jadi Tokoh Termasyhur 2017
Catatan 2017: Setnov, Tersangka KPK Paling "Fenomenal"

Kendati terbilang singkat, kunjungan Melinda itu cukup membekas di hati para warganet Indonesia. Pelbagai komentar positif membanjiri medsos. Sebagian besar warganet memuji kerendahan hati yang ditunjukkan Melinda.

Ah, indahnya! Tahun depan, kira-kira siapa ya yang bakal berkunjung ke Indonesia. Millens, tetap pasang tampang murah senyum ya, biar lebih banyak yang mau datang ke sini. Kita kan dinilai dari apa yang kita tunjukkan. Jadi, tunjukkan kalau kita cukup berharga buat mereka. Sepakat? (PL/GIL)