Cari Tahu Khasiat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya, Yuk!

Cari Tahu Khasiat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya, Yuk!
Manfaat buah dan sayur bisa dlihat dari warnanya, lo. (Europa)

Manfaat buah dan sayur ternyata bisa dilihat dari warnanya, lo. Jika selama ini masih bingung mempertimbangkan gizi dari beberapa bahan makanan yang pengin kamu beli, mengetahui manfaatnya berdasarakan warna akan memudahkanmu.

Inibaru.id – Buah dan sayur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Supaya nggak lupa, kamu bisa mengingat manfaatnya berdasarkan warna. Tiap warna tentu memiliki manfaat yang berbeda.

Melansir Nova, Berikut beberapa manfaat buah dan sayur berdasarkan warnanya!

Jingga dan Kuning

http://nigerianpilot.com/wp-content/uploads/2019/07/yellow-fruits.jpg

Buah dan sayur berwarna kuning mengandung vitamin A dan C. (Nigerian Pilot)

Buah dan sayur berwarna jingga dan kuning mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, buah dan sayur dengan kedua warna ini juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Wortel, labu, dan pepaya sebaiknya nggak dilewatkan untuk dikonsumsi secara teratur ya, Millens.

Merah

https://trendiko.com/wp-content/uploads/2018/04/Red-fruits-and-vegetables.jpg

Rutin konsumsi buah dan sayur berwarna baik untuk tubuhmu. (Trendiko)

Buah berwarna merah mengandung likopen yang baik untuk tubuh. Likopen berubah menjadi zat antioksidan sekaligus mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Jadi, buat kamu yang malas makan buah, mulai sekarang biasakan konsumsi apel, semangka, stroberi, dan tomat ya.

Hijau

https://i2.wp.com/akitchenportrait.com/wp-content/uploads/2017/11/Ultimate-Green-Fruit-and-Vegetable-Juice-2.jpg?resize=1800%2C1200

Buah dan sayur berwarna hijau mampu meningkatkan produksi sel darah merah. (A Kitchen Potrait)

Paprika, brokoli, kacang, dan bayam adalah buah dan sayur yang mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua zat ini berfungsi membantu produksi sel darah merah, menguatkan sel otak, hingga menghambat pertumbuhan sel kanker, lo.

Putih

https://i.pinimg.com/originals/62/1a/50/621a50cd60dfde0e3d4b58a7a9525199.jpg

Sistem kekebalan tubuhmu akan berfungsi dengan baik jika rutin makan sayur dan buah berwarna putih. (Pinimg)

Kembang kol, sirsak, lobak, dan bawang putih adalah buah dan sayur yang bermanfaat untuk mengontrol kolesterol. Buah dan sayur berwarna putih juga terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengontrol tekanan darah.

Biru dan Ungu

https://thumbs.dreamstime.com/b/blue-black-purple-food-food-background-berries-fruits-vegetables-fresh-blackberries-raspberries-figs-plums-eggplant-105483676.jpg

Terung menjadi sumber zat besi untuk tubuh. (Dreamstime)

Buah dan sayur berwarna biru dan ungu adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan sel darah merah dan putih. Kamu yang punya gejala anemia sebaiknya mengonsumsi anggur, terung, dan bluberi. Selain meningkatkan sel darah, buah dan sayur berwarna putih juga ampuh untuk melindungi sel otak dari kerusakan, meminimalisasi risiko radang, hingga jadi sumber zat besi.

Selain menarik perhatian, ternyata buah dan sayur ini punya manfaat yang besar ya. Yuk, rutin mengonsumsi buah dan sayur, Milens! . (IB15/E06)