Alergi Jam Tangan? Begini Cara Mengatasinya

Alergi Jam Tangan? Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi memakai jam tangan. (Cecilsfinejewelry)

Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, penggunaan jam tangan yang kurang tepat bisa menimbulkan reaksi alergi. Kalau terserang alergi jam tangan, kamu bisa mengatasinya dengan tips berikut ini.

Inibaru.id – Saat ini, jam tangan sudah punya banyak pilihan. Mulai dari model hingga bahannya beragam. Nggak heran kalau fungsi jam tangan kini nggak cuma menunjukkan waktu tetapi juga menjadi salah satu aksesori yang menghiasi pergelangan tangan.

Meski sudah umum dipakai khalayak, beberapa orang ada yang alergi dengan jam tangan, lo. Reaksi alergi ini bisa dirasakan seperti gatal, panas, dan merah saat menggunakan jam tangan.

Alergi jam tangan ini bisa terjadi lantaran faktor kulit yang sensitif. Bisa juga kulit nggak cocok dengan bahan material jam tangan. 

Kalau kamu termasuk di antara orang-orang yang alergi jam tangan, kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut.

Taburi Bedak

Iritasi jam tangan yang terlanjur timbul bisa diatasi sementara menggunakan bedak tabur. Nggak perlu banyak-banyak, yang penting cukup untuk meringankan rasa gatal dan keringat berlebih pada pergelangan tangan. Bedak tabur juga bisa kamu gunakan sebelum memakai jam tangan. Hal ini bertujuan untuk menyerap kelembapan di tangan dan menghindari efek alergi.

Pastikan Kondisi Pergelanganmu Kering Sebelum Memakai Jam

Ketika hendak memakai jam tangan, pastikan tanganmu dalam keadaan kering, baik dari air setelah cuci tangan, calir, maupun keringat. Kulit pergelangan tangan yang lembap kemudian ditutupi dengan jam tangan akan merangsang timbulnya kuman dan jamur sehingga menimbulkan reaksi alergi dan iritasi. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengeringkan tangan dengan lap atau biarkan tanganmu kering merata sebelum dan sesudah memakai jam tangan.

Jangan Terlalu Sering Memakai Jam Tangan

Nggak ada salahnya sesekali kamu nggak menggunakan apapun di pergelangan tangan, seperti jam tangan. Kamu bisa mengistirahatkan pergelangan tanganmu dari jam tangan saat berada di rumah, jam istirahat kerja/sekolah, atau saat kamu hanya duduk di satu tempat. Ini bertujuan untuk menghindari kulit lembap karena tertutup jam tangan. Selain itu, melepas jam tangan juga termasuk memberikan waktu untuk kulitmu bernapas sejenak.

Gunakan Bahan Jam yang Sesuai dengan Kulit

Bagi kamu yang memiliki hormon keringat berlebih, disarankan memakai jam tangan dengan bahan kulit asli. Kamu juga perlu menghindari bahan material stainless yang cenderung ketat. Kalau kamu memang nggak bisa mengganti bahan, carilah jam tangan original atau setidaknya jam tangan dengan kualitas yang baik. Jangan asal membeli karena hal ini sangat penting bagi kesehatan kulitmu.

Rajin Mengonsumsi Vitamin E

Vitamin E sangat bagus untuk kulit. Bila kulitmu sensitif, ada baiknya kamu rajin mengonsumsi suplemen vitamin E. Kemudian, bila kulitmu sedang meradang, cobalah untuk membuka kapsul vitamin E dan bubuhkan serbuknya ke bagian atas kulit dengan merata. Hal ini dapat mengurangi rasa gatal dan menghilangkan bekas iritasi.

Ingat, kebersihan jam tangan sangat berpengaruh pada kulit sehingga kamu harus rajin membersihkan jam tangan baik sebelum dan sesudah digunakan. Selamat mencoba, ya! (IB07/E04)