Cara Mudah Merawat Jam Tangan Kulit Agar Awet dan Kinclong!

Cara Mudah Merawat Jam Tangan Kulit Agar Awet dan Kinclong!
Gimana sih cara merawat jam tangan kulit agar awet? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Merawat jam tangan kulit memang susah-susah gampang. Namun beberapa tips sederhana di bawah ini dijamin nggak ribet dan bisa bikin jam tanganmu awet serta kinclong lo! Apa saja?

Inibaru.id – Kamu nggak perlu bingung cara merawat jam tangan kulit jika tahu tips berikut ini. Meski ada berbagai jenis jam tangan, namun jam tangan kulit masih jadi favorit. Nggak hanya cantik, jam tangan kulit dapat membuat kesan mewah dan elegan pada penggunanya. 

Sayangnya, tanpa perawatan yang benar, jam tangan jenis ini bisa saja lecet, mengelupas, dan tergores.  Agar hal ini nggak terjadi, ketahui 5 tips merawat jam tangan kulit di bawah ini!

1. Lepas Tali Sebelum Dibersihkan

jangan lupa lepas talinya terlebih dahulu. (Qlapa)
jangan lupa lepas talinya terlebih dahulu. (Qlapa)

Sebelum membersihkannya secara menyeluruh, pastikan untuk melepas bagian tali arloji. Pembersihan tanpa memisahkan bagian badan dan tali dapat merusak mesin dalam arloji. Kamu tentu nggak pengin hal ini terjadi kan?

2. Hindarkan dari Udara Lembab

hindarkan dari lembab. (Kamini.id)
hindarkan dari lembab. (Kamini.id)

Sisa air atau keringat yang menempel pada tali jam tangan kulit kerap meninggalkan bau yang nggak sedap. Saat jam tangan kulit basah, segera lepas dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan lupa simpan di tempat yang terlindung dari udara lembab ya!

3. Pastikan Kering Sempurna

Keringkan dengan sempurna. (Kompasiana)
Keringkan dengan sempurna. (Kompasiana)

Selain dipastikan agar nggak lembab, pastikan pula agar jam tanganmu kering dengan sempurna. Sisa air atau keringat yang menempel pada tali jam tangan akan menimbulkan aroma yang nggak sedap. Untuk itu pastikan untuk mengeringkannya agar terhindar dari kuman dan bakteri penyebab bau.

4. Bersihkan dengan Pembersih Khusus

Gunakan pembersih khusus. (Radatimes)
Gunakan pembersih khusus. (Radatimes)

Cara merawat jam tangan kulit selanjutnya adalah membersihkannya dengan kondisioner atau pembersih khusus jam tangan kulit. Pakailah kondisioner ini di luar permukaan tali jam tangan minimal seminggu sekali untuk membuatnya awet dan tampak kinclong.

5. Lap dengan Handuk Kering

Bersihkan dnegan handuk kering ya! (Chronox)
Bersihkan dnegan handuk kering ya! (Chronox)

Setelah dipakai, sempatkan waktumu untuk mengelap jam tangan kesayanganmu dengan lap kering. Selain mempercepat pengeringan, hal ini juga membantu membersihkan debu dan kotoran yang tersisa di jam tangan. Air juga dapat mengubah warna tali jam kulit juga lo!

Memiliki tam tangan jenis ini memang harus ekstra sabar dan teliti dalam merawatnya. Tapi jika kamu dapat merawatnya dengan tepat, jam tangan kulit bisa bertahan hingga bertahun-tahun lo. Lumayan kan buat pelengkap OOTD-mu?

Jadi, selamat mencoba, Millens! (IDN/IB27/E05)