Ketagihan Baca Buku Bisa Dimulai dengan Cara Ini

Konon, buku adalah jendela ilmu. Lantas, bagaimana cara mendapatkan ilmunya? Ya dengan membaca, dong. Nah, kalau kamu pengin membiasakan membaca buku, cara-cara ini bisa membantumu.

Ketagihan Baca Buku Bisa Dimulai dengan Cara Ini
Ilustrasi gemar membaca. (Fachmycasofa)

Inibaru.id – Ada orang yang setiap waktu selalu membaca buku, tapi ada juga yang susah banget buat jatuh cinta pada buku. Bukan berarti orang-orang yang nggak kutu buku nggak suka membaca buku, kok. Mereka hanya belum menemukan cara untuk membiasakan diri dengan buku.

Padahal, ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan saat membaca. Selain tambahan wawasan, membaca juga bisa membangkitkan percaya diri, meningkatkan kualitas memori otak, memperoleh ide, dan memudahkanmu dalam menyelesaikan masalah. Jadi, membaca bermanfaat untuk membangun kecerdasan dan kepribadian.

Nah, jika kamu pengin mulai membiasakan diri dengan membaca buku, coba deh pakai cara-cara berikut ini.

Mencari Rekomendasi Buku Bacaan

Kalau kamu sudah lama nggak membaca buku, kamu bisa memulainya dengan meminta rekomendasi teman atau browsing daftar buku yang asyik dibaca. Oh iya, kamu juga perlu menentukan jenis buku yang menarik perhatianmu. Beberapa orang biasanya mulai membaca buku berjenis fiksi, hobi, dan keilmuan.

Pergi ke Perpustakaan

Pergi ke perpustakaan akan menumbuhkan keinginanmu untuk membaca. Bayangkan ketika melihat buku-buku yang tertata rapi di dalam rak, apa kamu nggak tertarik sama sekali untuk membaca? Nah, cobalah untuk mulai menentukan satu buku untuk mulai membaca.

Meminjam Buku

Beberapa orang yang nggak suka membaca buku bakal berat untuk membeli buku. Iya kalau buku itu dibaca, kalau cuma nganggur di rak kan bakal mubazir; barangkali begitu pikirnya. Nah, hal itu bisa diakali dengan meminjam buku kepada teman atau langsung ke perpustakaan.

Membaca Minimal 10 Menit Sehari

Bukan hal yang salah kok kalau kamu mulai membaca buku dengan durasi waktu yang singkat. Sebuah kebiasaan harus dibangun dengan perlahan-lahan, kan? Jadi, mulailah untuk membaca selama 10 menit per hari. Lama kelamaan, kamu bakal terbiasa membaca, kok.

Membuat Target Membaca

Setelah kamu betah membaca buku dalam waktu lama, kamu bisa mulai untuk menentukan target capaian yang ingin kamu lakukan. Sebagai contoh, kamu menargetkan khatam membaca satu buku dalam waktu satu minggu atau lima buku dalam sebulan. Kamu bisa menjajal jenis buku yang berbeda-beda. Selain menghindari kebosanan, hal ini juga berfungsi untuk memperdalam pengetahuanmu.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk memulai kebiasaan membaca. Baca buku, yuk! (IB07/E04)