Cara Mudah Atasi Post Holiday Blues

Cara Mudah Atasi <em>Post Holiday Blues</em>
Ilustrasi post holiday blues. (Monsterstock1)

Mengalami post holiday blues atau sindrom usai liburan dapat berdampak negatif bagi dirimu sendiri. Agar nggak berlarut-larut, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Inibaru.id – Suasana hati terasa murung dan nggak bersemangat untuk kembali bekerja setelah liburan? Bisa jadi kamu sedang mengalami post holiday blues atau sindrom usai liburan. Kalau dibiarkan berlarut-larut, hal tersebut tentu akan berdampak buruk.

Yap, kinerja akan menurun dan kamu akan terus-menerus nggak semangat menjalani rutinitas. Agar nggak larut dalam kondisi post holiday blues, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan misalnya dengan cukup beristirahat.

Seusai liburan, luangkanlah waktumu untuk bersantai dan melakukan hal-hal sederhana untuk me-time. Membaca buku, menonton film, atau sekadar melakukan perawatan tubuh bisa jadi contohnya.

Ilustrasi dampak post holiday blues. (Elnur/Shutterstock)

Dengan memberi jeda untuk beristirahat, tubuhmu dapat bersiap dan nggak kaget untuk kembali memulai rutinitas sehari-hari seperti bekerja.

Sembari beristirahat, kamu juga bisa melakukan latihan pernapasan. Tarik napas dalam-dalam dengan pernapasan perut, lalu hembuskan secara panjang dan perlahan. Ucapkan hal-hal positif untuk memberi sugesti positif pula bagi dirimu.

Hal tersebut dapat membantumu merasa tenang dan nggak tertekan, serta kembali mendapat energi positif untuk beraktivitas lo.

Eits, ada satu hal lagi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi post holiday blues nih. Laman Kompas, (4/1/2018) menulis, mengonsumsi makanan dengan asupan nutrisi yang tepat dapat membuat kondisi hati dan tubuh lebih baik.

Hal-hal sederhana dapat dilakukan untuk mengatasi post holiday blues. (iStockphotos)

Selama liburan, kamu mungkin mengonsumsi makanan sesuka hati bukan? Nah, saatnya untuk kembali memulai pola hidup sehat. Konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi baik seperti asam amino, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, nutrisi yang terkandung pada makanan dapat diserap tubuh dan memberi dampak yang positif pula. Tubuh dan pikiran pun akan kembali bugar dan siap menjalani aktivitas seperti sedia kala.

Bagaimana, mudah bukan mengatasi sindrom usai liburan? Selamat mencoba ya! (IB10/E04)