Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Tahan Lama

Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Tahan Lama
Daging harus disimpan pada suhu tertentu untuk menghambat pertumbuhan bakteri. (dictio.id)

Salah satu cara untuk mengawetkan daging adalah dengan menyimpannya di kulkas. Nah, caranya pun nggak bisa asal. Berikut ini cara menyimpan daging di dalam kulkas. 

Inibaru.id - Cara menyimpan daging bisa berpengaruh pada rasa serta kualitasnya. Selain itu, kesehatan seluruh anggota keluarga juga menjadi taruhannya. Pasalnya, mikroorganisme semacam E coli dan salmonella dapat berkembangbiak dengan cepat jika salah dalam penyimpanannya.

Dengan suhu yang tepat, pertumbuhan bakteri tersebut dapat ditekan.

FYI, suhu paling tepat untuk menyimpan daging adalah -18 derajat celsius. Suhu ini memang nggak membunuh bakteri, tapi menghambat pertumbuhannya. Eits, bukan berarti kamu bisa meninggalkan daging di dalam freezer dalam waktu yang terlalu lama ya. Bisa-bisa, daging nggak lagi bisa empuk dan cita rasanya berkurang.

Kalau kamu berniat menyimpan stok daging dalam kulkas, berikut ini tipsnya.

1. Jangan dicuci

Pastikan kamu nggak mencuci daging sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Mencuci daging bisa mengakibatkan aroma prengus kian kuat. Selain itu, air yang meresap ke dalam serat akan membuat daging lebih mudah rusak.

2. Potong sesuai selera

Potong-potong daging sesuai dengan selera kita, karena mencairkan daging beku yang berukuran lebih kecil tentu akan lebih mudah. Selain itu, daging yang lebih kecil juga memakan sedikit tempat di lemari es.

3. Catat tanggal

Sangat penting untuk mencatat tanggal saat daging dimasukkan ke dalam kulkas. Catatan ini tentu akan jadi pengingat untuk memilih mana daging yang harus dimasak terlebih dahulu.

4. Simpan dalam wadah kedap udara

Simpan daging dalam wadah kedap udara. (Via Tirto)
Simpan daging dalam wadah kedap udara. (Via Tirto)

Masukkanlah daging ke dalam wadah yang kedap udara. Pastikanlah wadah atau kantong plastik yang digunakan itu aman untuk menyimpan bahan makanan (food grade). Apalagi jika kamu berniat menyimpannya hingga berbulan-bulan. 

5. Bekukan daging

Daging sapi memiliki daya tahan yang berbeda dengan daging ayam. Daging sapi bisa disimpan di freezer dengan suhu di bawah -18 derajat Celcius selama maksimal dalam jangka waktu 6-12 bulan. Tujuan pembekuan ini agar bakteri yang ada di dalam daging nggak akan bereaksi sehingga daging akan awet secara alami.

6. Pencairan

Jangan cairkan daging di suhu ruangan. Karena daging yang sudah bersentuhan langsung dengan udara luar akan mulai bereaksi terhadap bakteri. Jadi sebaiknya pindahkan daging ke luar freezer, lalu letakkan di rak yang suhunya lebih rendah agar daging mencair tanpa kehilangan suhu dinginnya.

Gimana, gampang banget kan cara menyimpan daging di kulkas di atas? Kuy, coba di rumah. (Lip,Kom/MG44/E05)