Cara Menjalin Silaturahmi Saat Lebaran Meski Dilarang Mudik

Cara Menjalin Silaturahmi Saat Lebaran Meski Dilarang Mudik
Meski dilarang mudik, nggak menghalangimu menjalin silaturahmi dengan keluarga. (Republika)

Pelarangan mudik nggak menjadikan agenda silaturahmimu dengan keluarga di kampung menjadi terganggu. Banyak alternatif yang bisa kamu lakukan saat Lebaran tiba untuk saling memberi ucapan selamat atau bermaaf-maafan.

Inibaru.id – Melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, pemerintah telah menerapkan kebijakan pelarangan mudik. Di Lebaran 2020 ini, masyarakat dianjurkan untuk di rumah saja dan melakukan physical distancing karena wabah Covid-19 masih belum bisa dikendalikan.

Jangan bersedih, Millens. Meski mudik dilarang, kamu masih punya berbagai cara untuk silahturahmi dengan orang-orang terdekat yang ada di kampung, kok. Berikut adalah cara-caranya.

Bersilaturahmi Melalui Aplikasi Teleconference

Gunakan aplikasi teleconference untuk menjalin silaturahmi. (Republika)<br>
Gunakan aplikasi teleconference untuk menjalin silaturahmi. (Republika)

Aplikasi teleconference marak digunakan di masa pandemi. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan video call dua orang hingga melakukan pertemuan daring sekaligus dengan banyak orang.

Kamu hanya perlu menyiapkan gawai dan kuota saja untuk menjalankannya. Dengan cara ini. kamu bisa meluapkan rasa kangenmu dengan keluarga, teman-teman, atau tetangga yang jauh di sana. Mereka pasti mengerti kok kenapa kamu nggak pulang kampung. Jadi nggak perlu risau untuk memanfaatkan cara ini untuk bersilaturahmi saat lebaran.

Salam Tempel Secara Online

Kirim THR mu lewat e-wallet. (Fintechnews.sg)
Kirim THR mu lewat e-wallet. (Fintechnews.sg)

Zaman sudah semakin canggih. Jika Lebaran-Lebaran sebelumnya salam tempel diberikan secara langsung atau lewat amplop, di masa pandemi ini ada metode lain, yakni dengan mengirimkannya secara online!

Melalui aplikasi dompet digital dan rekening bank, kamu bisa mengirimkan uang pada orangtua, saudara, hingga keponakan-keponakan agar membuat suasana Lebaran semakin meriah!

Mengirim Parsel dan Kartu Lebaran Lewat Kurir

Parsel lebaran dapat dikirim lewat kurir. (Radartulungagung)<br>
Parsel lebaran dapat dikirim lewat kurir. (Radartulungagung)

Perayaan Idulfitri identik dengan parsel-parsel dan aneka jajanan yang tersedia di ruang tamu. Meski masih di masa pandemi corona, kamu masih bisa mengirimkan parsel, sembako, aneka peralatan, dan kartu ucapan lebaran lewat jasa kurir, kok.

Lewat kartu tersebut, ucapkanlah permohonan maafmu karena nggak bisa pulang kampung untuk sementara waktu. Dalam kiriman tersebut, kamu juga bisa menyelipkan foto dan video dalam bentuk flashdisc atau CD untuk mengobati rindu.

Memaksimalkan Sosial Media yang Kamu Punya

Gunakan sosmed untuk saling memaafkan di momen lebaran. (Blog.e-mas)<br>
Gunakan sosmed untuk saling memaafkan di momen lebaran. (Blog.e-mas)

Saling memaafkan sangat bisa kamu lakukan lewat sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain-lainnya. Lewat aplikasi-aplikasi tersebut, kamu juga bisa menuliskan ucapan selamat Lebaran dan permintaan maaf. Jangan lupa menambahkan emoticon dan stiker yang lucu agar tambah meriah.

Jadi, siapa bilang nggak bisa pulang kampung artinya nggak bisa bersilaturahmi di Lebaran tahun ini. Dengan melakukan cara-cara ini, Lebaran kamu tetap bisa meriah meski dari jarak jauh, kok Millens! (Rep/MG26/E07)