Cara Mengkilapkan Daun Tanaman Hias, Biar Makin Cantik

Cara Mengkilapkan Daun Tanaman Hias, Biar Makin Cantik
Ilustrasi: Ada sejumlah cara mengkilapkan daun tanaman hias. (Inibaru.id/Zulfa Anisah)

Biar rumah makin cantik, kamu harus tahu cara merawat tanaman hias dan cara mengkilapkan daun tanaman hias. Nah, apa saja ya cara-caranya?

Inibaru.id – Semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, masyarakat mendadak banyak yang jadi penggemar tanaman hias. Nah, biar kamu semakin puas saat merawatnya, ada lo beberapa cara mengkilapkan daun tanaman hias. Kalau kamu menerapkannya, dijamin tanaman hias kamu bakal semakin cantik, deh.

Sebenarnya, kunci untuk membuat daun tanaman hias tetap mengkilap itu nggak banyak, Millens. Kamu hanya perlu memastikan tanaman sehat, terawat, serta dalam kondisi bersih.

Ya, persis sebagaimana kamu merawat barang-barang pada umumnya. Kalau sampai daun tanaman kotor dan terpapar debu, tentu nggak bakal terlihat cantik, bukan?

Nah, selain itu, kamu juga perlu melakukan berbagai cara mengkilapkan daun tanaman hias ini, Millens. Simak deh.

Semprot dengan Cairan Campuran Susu dan Air

Mungkin kamu belum pernah mendengar tentang hal ini. Tapi, kalau kamu menyemprot daun tanaman hias dengan campuran susu dan air, bisa kok membuat daunnya jadi semakin mengkilap.

Cara membuat campuran cairan ini nggak sulit kok. Kamu tinggai menyiapkan susu dan air putih masing-masing 250 ml. Nggak banyak kok. Campur saja keduanya dan masukkan ke dalam botol penyemprot. Nah, semprot saja dedaunan tanaman hias kamu dengan cairan ini secara rutin, dijamin warna alaminya jadi semakin cantik dan mengilap!

Ada sejumlah cara mengkilapkan daun tanaman hias. (Dekoruma)
Ada sejumlah cara mengkilapkan daun tanaman hias. (Dekoruma)

Memakai Cairan Pengilap Daun

Eh, ini beneran, lo, Millens. Ada kok cairan khusus yang bisa mengkilapkan daun tanaman hias! Mencarinya juga nggak sulit, kok. Kamu tinggal cari saja di toko tanaman hias atau di toko daring. Harganya juga nggak mahal.

Tapi, ada baiknya kamu nggak sering-sering memakai cairan ini. Sejumlah jenama cairan pengilap daun ternyata bisa membuat pori-pori daun justru tersumbat. Dampaknya, tanaman kesulitan melakukan fotosintetis dan akhirnya membuatnya nggak bisa tumbuh dengan sehat.

Meski begitu, kalau kamu memakainya sesekali, nggak apa-apa kok. Kamu tinggal menyemprotkannya ke kapas atau kain lembut dan kemudian mengelapnya ke daun tanaman. Dijamin, daunnya bakal terlihat cantik!

Memakai Kulit Pisang

Kulit pisang biasanya dibuang dan berakhir sebagai sampah yang bisa membusuk, ya Millens. Tapi, kalau kamu adalah penggemar tanaman hias, kulit pisang bisa jadi benda yang sangat berguna, lo. Yap, ternyata bagian dalamnya bisa dipakai untuk mengilapkan daun tanaman hias!

Jadi, kalau kamu habis makan pisang, simpan saja kulit pisangnya di suatu tempat. Setelah itu, gosokkan saja daun tanaman hias kamu dengan bagian dalam kulit pisang ini. Dijamin, bakal jadi bersih dan mengilap deh.

Aroma khas kulit pisang ternyata juga bisa membuat aroma tanaman hias jadi lebih sedap. Hm, malah jadi makin sayang deh sama tanaman.

Jadi, sudah tahu kan cara mengkilapkan daun tanaman hias, Millens? (Pop/IB09/E05)