Lebih Detail Mengenal Diri Sendiri Biar Nggak Jadi 'Plagiat' Resolusi Orang

Lebih Detail Mengenal Diri Sendiri Biar Nggak Jadi 'Plagiat' Resolusi Orang
Merencanakan resolusi sesuai dengan kepribadian. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Kamu belum ke mana-mana kalau mimpimu masih mengekor mimpi orang lain atau hidupmu adalah hidup orang lain!

Inibaru.id – Tulisan ini diawali dengan sebuah kemarahan yang cukup serius: Jangan "mencuri" resolusi orang lain dan jadilah diri sendiri! Caranya? Kalau kata filsuf Yunani Socrates, "gnothi seauton" atau kenalilah dirimu sendiri! Anjuran ini bisa menjadi pijakan yang kuat ketika kamu ingin membuat tujuan, rencana, dan resolusi dalam hidup.

Membuat resolusi tentu nggak lepas dari proses mengenali diri sendiri. Jika kamu belum paham dirimu yang sebenarnya, kebutuhan yang kamu inginkan, dan hal penting apa yang pengin kamu kejar, resolusi yang kamu buat bisa jadi nggak jalan.

Baca Juga: Mau Bikin Resolusi? Berkacalah pada Lirik Lagu Hindia 'Besok Mungkin Kita Sampai'

Psikolog Biro Psikologi Dinamis Yogyakarta Ranista Kautsar Tristi menjelaskan, hal tersebut terjadi karena seseorang belum mengenal dirinya sendiri, sehingga resolusi yang dibuat kemungkinan berdasarkan pada orang lain, bukan dari dalam diri sendiri.

“Misal, kita me time, tapi masih ketemu medsos serta kontak dengan buku dan benda-benda," kata Ranisa yang juga menegaskan bahwa kebanyakan orang memang masih belum menyisakan waktu yang benar-benar untuk diri sendiri.

Menurutnya, ada sekurangnya tiga langkah jitu untuk mengenali diri sendiri. Apa saja?

Berdiskusi dengan Diri Sendiri Menjelang Tidur

Syarat berdiskusi dengan diri sendiri ketika akan tidur adalah dengan menjauhkan diri dari HP, buku, dan lain-lain. Fokuslah pada diri sendiri dengan nggak melakukan apapun. Saat itulah kamu lebih banyak membayangkan hal-hal yang dekat denganmu.

"Di sanalah ada insight, ternyata aku kalau ngobrol sama orang lain kayak gini, kalau aku sedih kayak gini ya. So, ada masa-masa me time yang literally me time!" terang Ranisa.

Mengisi Jurnal Diri

Sering-seringlah mengisi jurnal tentang diri sendiri! Jangan sampai kamu menulis hanya untuk orang lain. Tulislah untuk dirimu sendiri! Menulis jurnal juga sekaligus bakal melatih kemampuan kognisi personal kamu.

Minta Feedback

Untuk melihat dirimu yang sesungguhnya, kamu perlu meminta pendapat orang lain yang kamu percaya. Mintalah feedback dari orang-orang lingkaran pertamamu, semisal keluarga, pasangan, atau sahabat.

“Bisa tanya teman dekat, ‘sebenarnya selama denganku, apa yang kamu lihat dengan diriku?’. Mintalah pendapat orang lain!" kata dia.

Kamu mungkin sudah cukup mengenal dirimu. Namun, bisa jadi ada hal lain yang nggak kamu sadari. Saat itulah kamu butuh pendapat orang lain!

 

Ranisa menambahkan, resolusi yang tepat adalah ketika kita nyaman menjalaninya. Resolusi, lanjutnya, banyak gagal atau nggak selesai karena niat awalnya bukan kebutuhan, melainkan lantaran melihat orang lain.

"Padahal, kebutuhan dalam diri sendiri itulah yang sebetulnya dibutuhkan!” tutupnya.

Jadi, jangan sekadar ikut-ikutan saja ya, Millens. Terus, jangan menyerah pada dirimu sendiri! (Isma Swastiningrum/E03)