Cara Membebaskan Diri dari Perasaan Berduka

Cara Membebaskan Diri dari Perasaan Berduka
Membaca buku di tempat yang tenang bakal bisa menenangkan pikiran. (The Huffingtonpost)

Berlarut dalam kesedihan hanya membuat dirimu semakin terpuruk. Yuk, bebaskan dirimu dari perasaan berduka!

Inibaru.id – Kehilangan orang yang paling berarti dalam hidup membuat seseorang larut dalam perasaan duka. Mungkin perasaan duka itu memang wajar dialami oleh manusia, namun nggak baik jika akhirnya membuat kamu sulit untuk bangkit.

Tenang, beberapa hal ini bakal membantu kamu buat bangkit dari keterpurukan dan kembali merasa damai.

1. Luangkan Waktu untuk Curhat Bareng Sahabat

Perasaan duka yang kamu alami bakal membuat kamu menjadi tertutup dan merasa terbebani. Sehingga kamu nggak mempedulikan orang di sekitarmu yang masih peduli padamu. Padahal dengan mengobrol dan meluapkan seluruh isi hatimu bisa memberikan efek positif pada kesehatan.

Penelitian membuktikan, mereka yang lebih banyak menyimpan dukanya tanpa curhat kepada orang lain memiliki usia lebih pendek. Nah, jangan ragu buat curhat ke temen atau saudara ya, Millens.

2. Memberikan Refleksi Diri atau Me Time

Meminta saran dari orang lain memang perlu, tapi kamu juga perlu menyisihkan waktu untuk dirimu sendiri. Saat berduka, kamu perlu menenangkan diri sejenak untuk melakukan refleksi diri. kamu perlu mengenali dirimu sendiri serta memahami keadaan yang terjadi.

Nggak hanya untuk menenagkan pikiran, refleksi diri juga memberi manfaat kesehatan pada diri kamu. Saat jiwa telah tenang, maka kesedihanmu pun perlahan sirna.

3. Menyibukkan Diri dengan Hobi

Saat galau perasaan berduka telah menyelimuti, segala aktivitas hingga hobi bakal jarang dilakukan bahkan terlupakan. Kamu mungkin butuh waktu untuk kembali seperti semula. Namun nggak ada salahnya jika kamu mencoba menggeluti hobimu kembali.

Dengan menekuni hobi, kamu bakal mendapatkan manfaat yang banyak. Nggak hanya relaks, tubuhmu pun bakal lebih sehat karena hobi sama halnya dengan meditasi.

4. Cobalah untuk Bermeditasi

Melakukan meditasi nggak hanya untuk menghilangkan stres, tetapi tubuh dan pikiran kamu bakal lebih relaks dan mengurangi berbagai emosi negatif.

National Center for Complementary and Integrative Health menjelaskan manfaat meditasi yaitu meringankan kecemasan, stres, kelelahan, gangguan mood, gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

5. Fokus pada Masa Depan

Kamu bisa mengatasi rasa dukamu dengan fokus memikirkan masa depan. Anggap saja masa lalu adalah pelajaran berharga dan masa depanmu adalah hal suci yang harus tetap diperjuangkan. Kamu nggak perlu lagi menengok masa lalu, sebab kamu masih memiliki masa depan sehingga kamu bakal lebih fokus dan kreatif.

Saat fokus, kamu bakal merasakan banyak manfaat yang membuatmu merasa bersyukur.

Semoga dengan beberapa cara ini kamu yang sedang berduka bakal lebih kuat tubuh dan mentalnya. Semangat! (IB30/E05)