Sering Bergadang? Lunasi Utang Tidurmu dengan Cara Berikut

Sering Bergadang? Lunasi Utang Tidurmu dengan Cara Berikut
Ilustrasi tidur. (Shutterstock)

Paling tidak, seseorang membutuhkan tidur selama 8 jam per hari. Bila kurang dari itu, seseorang dianjurkan untuk membayar kekurangan tidur. Begini caranya.

Inibaru.id – Seperti makan dan minum, tidur juga dibutuhkan manusia. Bagi orang dewasa, durasi tidur yang dianjurkan adalah delapan jam per hari. Namun, hasil survei Nastional Sleep Foundation (2005) yang dilakukan di Amerika Serikat, orang-orang tidur selama 6,9 jam per malam, 6,8 jam selama seminggu, dan 7,4 jam pada akhir pekan. Ini berarti mereka kehilangan jam tidur selama satu jam setiap malam dan dua minggu penuh dalam setahun.

Banyak hal yang melatarbelakangi mereka kehilangan jam tidur. Bergadang adalah yang paling sering dialami. Alih-alih bergadang, mereka bakal tidur lebih lama keesokan harinya. Padahal, cara ini keliru, Millens.

Utang tidur nggak bisa dibayar dengan tidur maraton seharian. Tidur seharian malah hanya membuat tubuh membawa efek-efek negatif dari kehilangan jam tidur, seperti otak berkabut, penglihatan memburuk, nggak fokus, dan kesulitan mengingat. Bila hal ini diteruskan, orang tersebut bisa terkena obesitas, diabetes, stroke, dan penyakit jantung.

Seorang direktur media di Pusat Kesehatan Tidur Harvard Medical School Dr. Lawrence J. Epstein mengatakan langkah pertama yang mesti dilakukan seseorang yang punya utang tidur menumpuk adalah melunasi utang jangka pendek.

“Jika Anda melewatkan 10 jam tidur selama seminggu, tambahkan 3-4 jam tidur pada akhir pekan dan 1-2 jam ekstra per malam pada minggu berikutnya sampai utangnya lunas,” kata Epstein dilansir laman Tirto (18/12/2017).

Untuk melunasi utang tidur jangka panjang, kamu membutuhkan waktu beberapa minggu. Saat melunasi utang tidur jangka panjang, Epstein menyarankan untuk melakukan liburan dan mematikan alarm yang biasa membangunkanmu. Biarkan tubuh bangun di pagi hari secara alami.

Pada awalnya, orang yang melakukan hal ini bakal tidur selama 12 jam atau lebih. Namun, lambat laun tubuh beradaptasi untuk bangun tidur secara normal kembali.

Meski begitu, sejatinya nggak ada jumlah jam tidur normal, Millens. Durasi tidur yang selama ini diterapkan adalah jam tidur ideal. Namun, yang terpenting dari tidur adalah kualitasnya bukan kuantitasnya. Jadi, selain memenuhi jam tidur, upayakan juga tidurmu berkualitas ya! (IB07/E04)