Cara Jitu Atasi Mager Ketika Mengerjakan Skripsi

Bagi kamu pejuang toga, tips berikut bisa kamu pakai biar nggak mager dalam mengerjakan skripsi.

Cara Jitu Atasi Mager Ketika Mengerjakan Skripsi
Ada tips biar nggak mager lagi. (Indy100))

Inibari.id - Menghadapi tugas akhir memang menguras tenaga ya, Millens. Meski terdengar sederhana, tugas akhir atau skripsi ternyata bisa membuat mahasiswa depresi lo. Mencari bahan hingga menghadapi dosen pembimbing memang butuh tenaga ekstra.

Tapi yang namanya tugas akhir, mau nggak mau harus diselesaikan agar dapat gelar sarjana. Beberapa tips berikut ini bisa menjadi obat jenuhmu di tengah mengerjakan skripsimu, Millens.

Beri Jeda dan Lakukan yang Kamu Suka

Jangan biarkan dirimu bergulat dengan skripsi setiap saat, dirimu juga butuh me time. Nggak perlu terus menerus memaksa dirimu untuk mengerjakan skripsi. Alih-alih skripsimu selesai tepat waktu, yang ada kamu malah tegang dan suntuk dibuatnya. Berhentilah sejenak dan lakukan hal yang kamu suka seperti beli es cokelat kesukaan atau menonton serial drama favorit.

Tenangkan Diri dengan Beribadah

Salah satu cara menenangkan diri adalah mendekatkan diri dengan Tuhan. Dengan begitu kamu akan merasa lebih tenang sehingga kamu bisa lanjut mengerjakan skripsi dengan lancar.

Lepaskan Emosimu!

Siapa yang sering panik dan ingin menangis kalau dengar kabar deadline pengumpulan skripsi sebentar lagi? Gak perlu dipendam, Kamu boleh kok melepaskan emosimu agar lebih lega.

Cicil Sedikit-Sedikit, Lama-Lama Jadi Bukit

Meski terkesan remeh, metode ini bisa kamu pakai lo, Millens. Nggak mungkin kalau skripsi bisa kamu kebut dalam waktu semalam. Usahakan setiap hari ada progress dari pengerjaan skripsimu walaupun sekadar merapikan kalimat atau membaca teori yang berhubungan.

Yuk tetap semangat dalam mengarjakan tugas akhir. Tips di atas bisa kamu coba supaya masa-masa mengerjakan skripsimu jadi masa-masa skripsweet. (IB27/E05)