Cara Jitu Agar Baterai HP Android Kamu Awet dan Tahan Lama

Cara Jitu Agar Baterai HP Android Kamu Awet dan Tahan Lama
Ilustrasi: Handphone Android harus diperhatikan agar nggak boros. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Para pengguna HP pasti sering mengeluhkan baterai yang boros bukan? Penasaran nggak sih gimana caranya agar baterai HP kamu tidak boros dan cepat habis? Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini, deh!  

Inibaru.id - Hampir setiap hari kamu pasti sulit lepas dari yang namanya handphone kan? Mau gimana lagi, dari urusan pekerjaan, bermain media sosial, bermain game, YouTube-an, berkomunikasi dengan keluarga atau kerabat, bisa dilakukan dengan gawai yang sering disebut dengan HP ini. Masalahnya, karena sering dipakai, hal ini membuat baterai HP jadi boros dan cepat habis.

Yup, hal tersebut sebenarnya wajar terjadi ya Millens. Berbagai aplikasi dan game yang ada di perangkat Android kamu memang menuntut kebutuhan sumber daya yang besar. Sayangnya, sejauh ini solusi yang diberikan produsen HP hanyalah berupa chipset yang lebih cepat dan RAM yang lebih besar.

Sayangnya, di sisi baterai tidak mendapatkan peningkatan yang signifikan. Alhasil, baterai kamu jadi cepat boros dan tidak awet deh. Hm, sayang sekali ya!

Tapi, kamu tidak perlu khawatir lagi Millens, ada beberapa cara agar baterai HP Android kamu jadi awet dan tahan lama, kok. Yuk, simak ulasan berikut ini.

1.      Cek Aplikasi yang Paling Boros

Coba kamu lihat daftar aplikasi mana saja yang memakai baterai paling banyak ya! Jika aplikasi tersebut tidak benar-benar penting untuk digunakan, kamu dapat mematikannya sementara. Untuk mengeceknya, kamu dapat masuk ke Pengaturan, lalu pilih ke Battery, kemudian ke Battery Usage/Power Usage.  

2.      Hindari Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background

Sebaiknya kamu tidak memakai aplikasi berjalan di background ya! Jika aplikasi itu tidak dibutuhkan, matikan saja. Kamu bisa kok mengeceknya di bagian Pengaturan lalu masuk ke bagian Aplikasi.

3.      Matikan Sinyal Radio yang Nggak Dipakai

Beberapa fitur di HP yang memanfaatkan sinyal radio akan memakan daya yang banyak Millens. Misalnya NFC, GPS, atau Wi-Fi. Oleh karena itu, jika sudah tidak dipakai, jangan lupa dimatikan ya!

4.      Turunkan Brightness Layar

Tau nggak, layar adalah salah satu bagian HP yang sangat banyak memakan daya baterai lo! Jadi kamu tidak perlu menggunakan auto brightness lagi ya. Lebih baik kamu mengatur manual atau turunkan brightness ke tingkat yang paling redup jika memang sudah cukup jelas terlihat.

5.      Pilih Wallpaper Gelap dan Tampilan Ringan

Layar tipe AMOLED atau OLED akan lebih hemat baterai jika tampilannya kamu ubah jadi gelap. Lalu gunakan juga widget dan tampilan yang ringan agar baterai kamu tidak boros. Wallpaper berwarna gelap juga bisa membuat bateraimu lebih awet.

6.      Matikan Notifikasi yang Nggak Penting

Pastikan notifikasimu menyala hanya dari aplikasi yang benar-benar penting ya Millens, agar daya baterai kamu tidak boros.

7.      Kurangi Streaming

Koneksi internet saat streaming memakan daya cukup besar jika terus-terusan terhubung. Jadi, gunakan pemutar musik atau video luring (offline) untuk menghemat daya baterai kamu. Misalnya dengan menggunakan aplikasi You Tube, Spotify, dan lain sebagainya.

8.      Gunakan Aplikasi Bebas Iklan

Sebenarnya, ada beberapa aplikasi yang tidak membutuhkan internet terus-terusan, Millens. Tapi, karena didalamnya ada iklan, pasti kita diminta untuk terhubung dengan internet. Hal ini bisa bikin boros baterai, deh.

9.  Gunakan Fitur Power Saving

HP modern telah dilengkapi oleh fitur power saving atau hemat daya. Nah, kalau kamu menggunakan fitur ini, baterai kamu bakal jadi lebih hemat deh.

Itu dia beberapa cara agar baterai HP Android kamu tetap awet dan bertahan lama. Sangat mudah untuk dipraktekkan bukan? Selamat mencoba ya!  (Idn, Ayo/MG43/E07)