Begini Cara Cek CCTV Lalu Lintas secara Real Time Saat Mudik

Buat sobat Millens yang mau mudik, sekarang nggak perlu khawatir lagi kena macet. Kini, kamu bisa cek kepadatan lalu lintas melalui sebuah laman yang dikembangkan Kementerian Perhubungan.

Begini Cara Cek CCTV Lalu Lintas secara Real Time Saat Mudik
Ilustrasi Jalan Tol. (Kompas.com/Alsadad Rudi)

Inibaru.id – Pengguna kendaraan pribadi kini nggak perlu cemas terjebak macet saat arus mudik Lebaran. Ini karena Kementerian Perhubungan telah mengembangkan situs Road Transport Traffic Management yang bisa digunakan untuk memantau jalan Tol secara real time selama arus mudik 2018. Melalui laman tersebut, kamu bisa mengetahui kondisi jalan Tol di Pulau Jawa.

Caranya gampang, Millens. Kamu tinggal mengunjungi laman http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/m/page/cctv. Di lama itu, kamu bisa memilih jalan mana yang akan kamu pantau. Ada beberapa jalur yang bisa dilihat melalui real time CCTV ini, yaitu jalur utara, jalur tengah, jalur selatan, jalur barat, dan terminal.

Di jalur utara, kamera diletakkan di titik Ciasem, Comal, Exit Tol Pejagan, Jalan Alternatif Tengah Karawang, Balangadu, Losarang, Tanjung - Cirebon, Ketanggungan (BumiAyu), Losari, Pamanukan, Pasar Eretan, Patrol, Pintu Tol Cikampek, Pintu Tol Kanci, Sadang, Simpang Jatisari, Simpang Jomin, Simpang Mutiara, Simpang Pejagan, Tanjangpura, dan Tegal Gubug.

Sementara itu, di jalur tengah, kamera terdapat pada titik Kadipatan, Naregong, Padalarang, dan Subang.

Kemudian pada jalur selatan terdapat di titik Cikaledong, Cileunyi, Nagreg, Gentong, Kulwaru, Karanganyar, Karangpucung, Pasar Limbangan, Pasar Malangbong, Sumpiuh, dan Wangon.

Tirto.id, Rabu (6/6/2018), menulis, CCTV ini dipasang di lokasi yang rawan terjadi kemacetan. Misalnya, pintu tol Jakarta-Cikampek, penyeberangan Merak-Bakauheni, pintu tol Kanci, dan Nagrek. Dengan laman itu, diharapkan pemudik bisa menghindari kemacetan.

Potensi Kemacetan

Kepala Korps Lalu Lintas (Karkolantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa memprediksi ada sekitar 8 titik rawan kemacetan selama mudik Lebaran tahun ini, yaitu Jakarta-Cikampek, Bandung-Garut, dan Nagrek-Limbangan.

Kepadatan lalu lintas arus mudik diprediksi terjadi pada 8 dan 9 Juni atau H–6 Lebaran. Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+3 Lebaran, yaitu pada Selasa (19/6).

Wah, asik nih. Kamu jadi bisa tahu jalan mana saja yang macet sehingga kamu bisa menghindarinya. (IB07/E04)