Kenali Beda Penyajian Kopi Ini Biar Nggak Salah Pesan

Kamu suka ngopi dan sering nongkrong di kedai kopi? Suka bingung saat lihat jenis-jenis kopi dalam daftar menu nggak sih? Yuk, simak perbedaannya biar kamu punya ide saat memesan kopi.

Kenali Beda Penyajian Kopi Ini Biar Nggak Salah Pesan
Macam-macam kopi. (Homestratosphere.com)

Inibaru.id – Begitu banyaknya menu kopi yang disajikan di kedai kopi, terkadang seseorang bingung menentukan apa yang akan dia pesan. Daftar kopi seperti Espresso, Macchiato, Capuccino, Piccolo, hingga Latte menjadi menu yang paling banyak kita jumpai. Nah, tahukah kamu perbedaan kopi-kopi tersebut?

Barista senior Indonesia sekaligus pemenang Latte Art World Championship 2014 Viki Rahardja mengatakan, pada dasarnya ada dua jenis penyajian kopi, yakni kopi modern dan kopi hitam. Seperti ditulis Kompas.com (21/8/2017), menurut Viki, kopi hitam punya potensi kafein lebih banyak sedangkan kopi modern punya kandungan gula dan lemak yang lebih banyak.

Dia menambahkan, kopi tubruk alias kopi hitam umumnya nggak mengandung gula kecuali ditambahi gula dalam penyajiannya. Sementara, kopi modern adalah hasil olahan kopi yang ditambah beberapa bahan seperti susu, moka, cokelat, dan foam.

Dengan pelbagai macam sebutan, kopi modern inilah yang kerap membingungkan penikmat kopi pemula yang pengin menjajal kedai kopi yang mereka tongkrongi. Nah, biar kamu nggak bingung, kita cek satu-satu yuk!

Espresso

Espresso adalah olahan kopi yang paling murni dan paling kuat kadar kopinya. Ini karena espresso merupakan ekstraksi biji kopi murni tanpa campuran bahan lain. Rasanya sudah pasti pahit, karena itulah kopi ini umumnya disajikan dalam cangkir kecil.

Piccolo

Piccolo merupakan kopi yang dipadukan dengan susu dan foam. Kopi ini memakai ristretto atau sering disebut short shot espresso. Nah, lantaran kandungan kopinya lebih sedikit, kadar susu dan foam piccolo tentu menjadi lebih banyak. Kopi ini cocok buat kamu yang suka kopi bertekstur lembut dan ringan.

Macchiato

Kopi ini merupakan espresso dipadu dengan sedikit susu. Konon, pada awal "penciptaan"-nya, macchiato diperuntukkan untuk pencinta espresso yang menginginkan sedikit tambahan rasa manis. Maka, kopi hitam itu pun diimbuhi susu.

Capuccino

Hm, kayaknya kopi yang satu ini adalah yang paling sering dipesan orang, ya, Millens? Saking terkenalnya, kopi ini bahkan banyak disajikan dalam bentuk kopi instan. Dengan cita rasa yang super-creamy, kopi-susu-foam yang cenderung manis ini memang paling digemari orang kebanyakan.

Latte

Nggak jauh berbeda dengan capuccino, latte juga merupakan perpaduan kopi dan susu. Bedanya, kandungan susu, foam, dan kopi terbagi seimbang dalam kopi ini. Susunya juga melalui proses steaming. Nah, lantaran kandungan susunya begitu banyak, kopi ini menjadi sangat creamy dan milky.

Nah, itu tadi lima menu kopi modern yang paling sering kita jumpai di kedai kopi. Gimana? Sudah nggak bingung untuk memesan kopi, bukan? (MAY/GIL)