8 Cara Ampuh Membedakan Berita Hoaks atau Bukan
Sosial media menjadi lahan empuk menyebarkan berita hoaks. (Shutterstock)

8 Cara Ampuh Membedakan Berita Hoaks atau Bukan

Perkembangan komunikasi membuat penyebaran sebuah berita begitu cepat. Bukan nggak mungkin berita yang kamu dapat adalah berita hoaks. Karena itu, yuk intip cara membedakan berita hoaks atau bukan berikut ini!.

Inibaru.id- Akhir-akhir ini, berita hoaks sedang ramai menyerbu masyarakat terlebih lagi di media sosial. Rendahnya kesadaran literasi membuat orang rentan percaya dan ikut menyebarkan berita bodong tersebut. Kalau nggak mau jadi korban, kamu harus tahu bagaimana cara membedakan mana berita fakta dan hoaks berikut ini.

Cek Unsur 5W1H

Berita dapat dipercaya kebenarannya bila memenuhi unsur 5W1H (what, where, when, who, why, dan how). Ini merupakan unsur dasar yang harus dipenuhi sebuah berita. Jika berita yang kamu terima nggak memenuhi unsur 5W1H tersebut, maka kamu patut curiga mengenai keaslian berita tersebut. Jadi jangan buru-buru untuk menyebarkannya ya, Millens.

Telusuri Alamat Web

Cek alamat web dari berita yang kamu terima. Jika pada alamat terdapat ekstensi yang kurang familiar seperti (dot)com(dot)co atau (dot)co(dot)org, ada kemungkinan situs ini nggak bisa dipercaya.

Perhatikan Menu Contact dan About

Coba kamu cari tahu mengenai situs tersebut dari halaman contact dan about-nya. Portal berita kredibel akan serius menangani kedua hal ini. Jika alamat kantor nggak jelas atau nomor telepon nggak bisa dihubungi, berita yang mereka terbitkan sebaiknya kamu abaikan.

Cek Penulis atau Narasumber Berita

Googling mengenai siapa penulis atau narasumber yang disebutkan dalam berita yang kamu terima. Pastikan mereka memang berkompeten. Biasanya mereka juga nggak akan memakai nama fiktif.

Amati Judul

Judul berita hoaks umumnya ditulis dengan nada provokatif. Pun dengan isinya yang nggak berimbang dan cenderung memperkeruh suasana. Berita-berita seperti ini hanya akan menimbulkan kesalahpahaman.

Perhatikan Tata Cara Penulisannya

Kamu bisa cek apakah berita tersebut ditulis sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang benar atau tidak.

Bandingkan dengan Media Lain

Biasanya sebuah berita nggak akan dimuat di satu media saja. Coba deh kamu menyempatkan diri untuk mencari berita tersebut di situs berita lain. Tapi ingat, harus di situs terpercaya ya. Jika berita tersebut hanya berhenti pada satu media, maka besar kemungkinan berita itu hoaks.

Cek Fakta Berita di Situs Fact Checking

Jika kamu nggak yakin dengan berita yang kamu baca, kamu bisa melakukan pengecekan fakta loh Millens. Caranya kamu tinggal meng-copy-paste url dari berita yang kamu terima ke situs fact checking seperti snopes(dot)com dan factchech(dot)org.

Berita-berita bodong dan nggak dapat dipertanggungjawabkan akan menyebabkan kegaduhan di masyarakat, memunculkan perpecahan serta bibit-bibit permusuhan. Nah, Millens pasti kamu nggak mau itu terjadi kan? (IB29/E05)