Cara Aman Menerima Paket Agar Bebas Virus Corona

Cara Aman Menerima Paket Agar Bebas Virus Corona
Terima paket di tengah pandemi, jangan keburu dibuka dulu. Bersihkan. (Freepik/tirachardz)

Jasa pengiriman marak digunakan di tengah pandemi corona dan imbauan untuk tetap di rumah aja. Hanya, pastikan untuk cermat sebelum membuka paket agar tetap aman dan nggak terpapar virus.

Inibaru.id – Demi mencegah penularan covid-19, banyak orang yang memilih untuk di rumah aja dan nggak keluar rumah. Hal ini membuat pembelian barang-barang kebutuhan secara daring meningkat. Jasa pengiriman pun semakin laris. Hanya saja, bukan berarti hal ini sudah pasti membuat kamu aman dari penularan virus corona.

Penelitian menunjukkan, virus corona bisa bertahan hidup selama beberapa jam di udara. Studi dari National Institute of Health juga menghasilkan fakta bahwa virus bisa bertahan selama 24 jam di kertas karton dan 3 hari di plastik atau baja.

Journal of Hospital Infection juga mengungkap kemampuan covid-19 ngendon di kaca dan kayu selama 4 hari. Dalam suhu 68 derajat Fahrenheit, virus juga bisa bertahan selama 5 hari di logam, plastik dan keramik.

Virus corona dapat menempel selama 24 jam di kertas karton. (Getty Image)<br>
Virus corona dapat menempel selama 24 jam di kertas karton. (Getty Image)

Meski begitu, WHO dalam laman resminya menulis jika menerima paket dari daerah-daerah yang terpapar virus corona dinilai aman. Alasannya, barang memiliki kemungkinan rendah memicu infeksi pada manusia. Virus juga nggak bisa hidup berlama-lama di permukaan yang keras. Hal ini berarti, kita nggak bisa dengan mudah tertular covid-19 dari paket yang dibungkus kardus, misalnya.

Hanya, bukan berarti kamu nggak perlu waspada. Bisa jadi paket yang kita terima sudah terkena droplet atau tetesan virus dari orang yang terinfeksi. Selain itu, bisa jadi kurir yang mengirim barang juga memiliki virus namun nggak menunjukkan gejala kesehatan.

Pastika paket dalam kondisi bersih sebelum kamu buka. (Shutterstock)<br>
Pastika paket dalam kondisi bersih sebelum kamu buka. (Shutterstock)

Jika kurir sudah berada di luar rumah demi memberikan barang yang kita pesan secara daring, sebaiknya jangan langsung menerimanya. Ambil jarak sekitar 2 meter dari kurir atau secara sopan memintanya meletakkan paket di suatu tempat.

Idealnya, kita telah membayar barang yang dipesan tersebut secara daring sebelumnya. Hanya, jika kita harus membayarnya di tempat, sebaiknya menggunakan uang pas sehingga tidak perlu menerima uang kembali.

Setelah mengambil barang paketan, segeralah mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, pastikan untuk membersihkan paket sebelum membukanya. Kamu bisa memanfaatkan etanol dengan kadar 62-72 persen untuk membersihkannya. Bisa juga menggunakan hidrogen peroksida 0,5 persen atau natrium hipoklorit 0,1 persen. Penggunaan hand sanitizer semprot juga bisa dilakukan jika kamu bingung mencari bahan-bahan pembersih tersebut.

Semprotkan cairan pembersih tersebut ke paket dan kemudian tunggu selama 5-6 menit. Setelahnya, bersihkan paket dengan lap atau tisu bersih. Pastikan nggak menyentuh wajah saat sedang memegang paket. Selain itu, cuci tangan dengan bersih usai menerima atau membuka paket.

Pastikan untuk cermat menjaga kebersihan agar nggak mudah tertular virus corona, ya Millens(Kom/MG26/E07)