Cara Agar Nggak Baper Saat Berteman dengan Teman Lawan Jenis

Cara Agar Nggak Baper Saat Berteman dengan Teman Lawan Jenis
Berteman dengan lawan jenis berpotensi bikin baper. (Unspalsh)

Berteman dengan lawan jenis tentu sah-sah saja, namun jika nggak terkontrol bisa bikin baper. Ada caranya biar kamu nggak kebaperan kalau berteman dengan teman dari lawan jenis.

Inibaru.id - Berteman dengan siapapun atau tepatnya dengan lawan jenis tentu sah-sah saja. Beberapa orang juga biasanya ada yang memilih lawan jenis sebagai teman dekatnya. Sampai-sampai jika ada orang yang nggak tahu dengan pertemanan itu pasti ngiranya kedua sahabat tersebut merupakan sepasang kekasih, padahal bukan.

Dari sekian banyak alasan kenapa memilih teman lawan jenis, lagi-lagi alasan yang yang muncul adalah “rasa nyaman”. Memang berteman dengan lawan jenis memilki banyak manfaat. Bisa saling membantu dari bagian yang teman pria nggak bisa begitupun sebaliknya. Tapi, berteman dengan lawan jenis juga berpotensi menimbulkan timbulnya “perasaan khusus” pada salah satu pihak atau juga bisa keduanya. Nah, berikut ini adalah berbagai macam upaya supaya kamu nggak baper kalau punya teman lawan jenis.

Tekankan dalam Diri Bahwa Dia Hanya Teman

Pada bagian ini, aspek yang perlu disoroti untuk pertama kalinya adalah pola pikirmu. Selalu pertegas dengan menanamkan pikiran kalau dia cuma teman, nggak lebih.

Tetap Beri Batasan Selama Berteman

Jika pertemananmu itu dirasa sudah memiliki kedekatan yang cukup erat dengan teman lawan jenismu, kamu harus memperhatikan batasan-batasan mana yang boleh dan nggak boleh dilakukan. Kalau kamu nggak ingin baper, kamu harus terus menggenggam batasan itu.

Nggak Harus Bersama Dia

Karena sudah merasa cocok berteman dengan lawan jenis secara otomatis akan mendorongmu melakukan apa saja bersamanya. Banyak manfaatnya memang, namun jika keterusan malah berakibat buruk. Selain karena kamu jadi ketergantungan, efek lainnya adalah bukan nggak mungkin kamu jadi baper karena terus melewatkan banyak momen bersamanya.

Miliki Teman Lawan Jenis yang Lain Untuk Mengimbangi

Dengan melakukan hal ini, kamu jadi nggak hanya berfokus pada satu teman lawan jenismu saja. Sebab dengan kamu punya teman lawan jenis yang lain, secara nggak langsung fokus pertemananmu terhadap lawan jenis merata. Jadi, potensi untuk baper jadi berkurang.

Intinya, Jangan Punya Niat ke Arah Romantisme

Poin terakhir ini juga termasuk kesimpulan dari poin-poin lainnya. Bagaimanapun bentuk pertemananmu terhadap teman lawan jenis, tegaskan dari awal bahwa kamu nggak akan punya niat untuk menuju ke arah romantisisme. Tetap beri batasan dengan berbagai upaya seperti penanaman dalam pola pikir diri, lalu nggak harus bersama dia dalam banyak waktu hingga memperbanyak teman lawan jenis lain agar fokusnya bisa terbagi ke teman lawan jenis lain. Friendzone ya friendzone.

Dengan itu semua, kamu bisa melindungi dari timbulnya “perasaan khusus” atau yang biasa disebut dengan “baper”. Yuk, terapkan! (IB28/E05)