Dukung Hak Cipta Kreator, Google Sertakan Sumber pada Setiap Gambar

Dukung Hak Cipta Kreator, Google Sertakan Sumber pada Setiap Gambar
Image credit pada gambar di Google. (VentureBeat/Paul Sawers)

Google bakal menyertakan sumber gambar pada setiap gambar yang ada di mesin pencarinya. Dengan pembaruan ini, Google berharap bisa mempermudah pengguna dalam mencari informasi gambar yang mereka perlukan.

Inibaru.id – Google mengumumkan bakal melakukan pembaruan cukup signifikan pada awal minggu ini. Mesin pencari asal Amerika Serikat itu berencana mencantumkan judul serta informasi pada Google Image. Hal ini dilakukan untuk mengapresiasi serta mendukung hak cipta para fotografer dan kreator.

Sebelum ini, Google hanya menunjukkan hasil pencarian dari situs yang memuat gambar dan konten yang bagus. Belum ada sumber gambar yang disertakan langsung pada gambar. Pengguna harus menelusuri gambar ke situs asli untuk mendapatkan informasi tersebut.

Hal itu dianggap menyusahkan pengguna sehingga Google bakal menyertakan sumber gambar langsung pada gambar yang ada. Nanti, judul serta informasi akan dicantumkan pada setiap gambar yang ada di mesin pencarinya.

Selain itu, pada kotak pencarian, Google juga akan menambahkan gambar-gambar terkait yang menjadi bagian dari gambar utama. Dengan layar yang lebih lebar, peramban besutan Larry Page ini diharapkan bisa melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks.

Untuk merealisasikan pembaruan ini, Google Image menjalin kerja sama dengan CEPIC dan IPTC. FYI nih, CEPIC dan IPTC adalah organisasi-organisasi yang menaungi agensi gambar dan perpustakaan foto.

“Dengan memberlakukan standar metadata IPTC pada Google Image, ini akan membantu menjelaskan asal-usul gambar sekaligus mendukung hak cipta fotografer. Hal itu juga akan mempermudah penemuan konten dan kreator. Ini adalah sebuah kemenangan untuk komunitas foto professional,” tutur CEO PhotoShelter Andrew Fingerman seperti ditulis Engadget.com, Kamis (27/9/2018).

Selain memperbarui Google Image, Google juga berencana menambahkan tagar pada gambar sekaligus memperkenalkan Lens. Penambahan tagar ini berguna untuk pengguna yang mencari barang untuk belanja daring.

Wah, bagus nih. Fotografer dan kreator lebih diapresiasi. Sementara itu, pengguna juga dimudahkan dengan adanya fitur ini. Bagaimana menurutmu, Millens? (IB15/E04)