Bus Trans Jateng Segera Memadati Jalanan Kendal

Bus Trans Jateng Segera Memadati Jalanan Kendal
Bus Trans Jateng koridor Semarang-Kendal. (Twitter @BrtTransJateng)

Bus Trans Jateng dengan rute Terminal Mangkang, Semarang, ke Terminal Bahurekso, Weleri, Kendal bakal diluncurkan Senin (28/10/2019). Begini penampakannya.

Inibaru.id – Senin (28/10/2019) depan bus Trans Jateng dijadwalkan mulai beroperasi di Kabupaten Kendal. Rute bus Trans Jateng tujuan Kendal dimulai dari Terminal Mangkang, Kota Semarang ke Terminal Bahurekso, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal.

Peluncuran rute ini akan dilakukan Gubernur Jawa Tengan Ganjar Pranowo di Alun-Alun Kendal pada Senin (28/10). Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kendal Suharjo menyebut keberadaan Trans Jateng sejalan dengan keinginan pemerintah untuk meningkatkan jenis transportasi umum yang bisa dimaksimalkan masyarakat.

“Jarak antara Terminal Mangkang dan Terminal Bahurekso itu sekitar 32 kilometer. Nantinya ada 14 unit bus yang beroperasi dari pukul 06.00 pagi hingga 18.00. Setiap bus memiliki interval 15 menit,” terang Suharjo ditulis laman Suaramerdeka, Senin (21/10).

Kendati demikian, sarana dan prasarana yang mendukung rute ini masih dalam proses pembangunan. Sebagai contoh, pembangunan 35 halte untuk rute ini di sepanjang jalur Pantura Kendal masih belum selesai.

“Kami sudah sosialisasikan ke warga yang ada di dekat halte. Proses pembangunannya belum selesai,” lanjutnya.

Pihak Dishub Kendal juga sedang melakukan sosialisasi bagi masyarakat, khususnya bagi para buruh dan pelajar agar mau memaksimalkan jenis transportasi ini. Apalagi dengan fakta tarif bus Trans Jateng yang cenderung sangat terjangkau sehingga menguntungkan para penumpang.

“Soal tarif, untuk pelajar dan buruh hanya Rp 2 ribu. Bagi warga umum tarifnya Rp 3.500,” ungkap Suharjo.

Cukup banyak warga yang mengapresiasi rute baru dari Trans Jateng ini. Keberadaan bus tersebut bisa dijadikan pilihan alternatif angkutan umum yang memang sangat dibutuhkan masyarakat. Nggak hanya biayanya yang terjangkau, kepastian jadwal bus yang jelas juga dianggap sangat membantu aktivitas masyarakat.

Semoga daerah-daerah lain segera mendapatkan alternatif transportasi umum seperti bus Trans Jateng, ya Millens. (IB09/E04)