Burung Woody Woodpecker Dilaporkan Punah!

Burung Woody Woodpecker Dilaporkan Punah!
Burung Woody Woodpecker punah. (Flickr/andy_roman)

Kini, kamu tinggal bisa melihat burung pelatuk Woody Woodpecker dalam versi kartun saja, Millens. Burung aslinya dilaporkan sudah punah di negara asalnya, Amerika Serikat, sana.

Inibaru.id – Kamu pernah nonton film kartun Woody Woodpecker, belum Millens? Intinya sih, animasi ini menceritakan seekor burung dengan warna biru dan merah yang gemar banget mematuk apa saja dengan kepalanya hingga berlubang atau rusak. Nah, sayangnya, burung asli yang jadi inspirasi kartun ini beneran punah di Amerika Serikat, sana, lo.

Nama asli dari burung Woody Woodpecker adalah Ivory-billed Woodpecker. Kalau di Indonesia sih, kita mengenalnya dengan sebutan burung pelatuk, tapi tentu saja jenisnya beda dengan yang ada di Amerika Serikat ini, ya Millens. Nah, sayangnya, menurut pemerintah Negara Paman Sam ini, burung ini sudah dinyatakan punah berbarengan dengan 23 hewan lainnya dari berbagai jenis spesies layaknya burung, ikan, dan lain-lain.

Mereka mengungkap fakta ini setelah melihat hasil penelitian tim yang dikirim di rawa-rawa yang ada di Negara Bagian Lousiana, Florida, Mississippi, serta Arkansas. Di sanalah habitat asli dari burung pelatuk ini.

Sayangnya, para tim peneliti ini sama sekali nggak menemukan jejak burung tersebut. Warga lokal juga mengaku sudah sangat jarang melihat burung tersebut dalam beberapa puluh tahun belakangan. Karena alasan inilah, mereka pun memastikan kalau burung ini sudah punah.

Lantas, apa sih penyebab mengapa sampai burung yang cukup populer dan bahkan dijadikan karakter di film animasi ini sampai punah? Kalau menurut pemerintah, ada banyak penyebabnya. Namun, intinya sih manusia berperan besar dalam hal ini karena pembangunan di daerah-daerah yang seharusnya jadi habitat mereka yang sangat masif, polusi air, hingga penebangan hutan dan perburuan liar yang semakin parah.

Burung Woody Woodpecker sudah nggak ditemukan lagi jejaknya di habitatnya yang ada di rawa-rawa Amerika Serikat. (Flickr/

Loren Javier)
Burung Woody Woodpecker sudah nggak ditemukan lagi jejaknya di habitatnya yang ada di rawa-rawa Amerika Serikat. (Flickr/ Loren Javier)

Memang, ada juga persaingan dengan hewan invasif yang membuat burung ini dan 23 spesies lainnya ikutan punah. Namun, tetap saja, para peneliti menyebut manusia jadi biang keladinya.

“Ketika saya melihat salah satu dari hewan langka di dunia, seringkali saya berpikir saya mungkin adalah orang terakhir melihatnya di muka bumi,” ungkap salah seorang ahli biologi dari Negara Paman Sam Anthony Ford, Senin (4/9/2021).

Masalahnya, bisa jadi burung Woody Woodpecker bukanlah yang terakhir mengalami kepunahan. Banyak spesies lain yang diperkirakan bakal punah dalam waktu dekat. Apalagi, emisi karbon dan kerusakan alam seperti sulit untuk dihentikan.

Hingga saat ini, 902 spesies sudah punah di seluruh dunia. Jumlah ini hanyalah yang tercatat saja sehingga diperkirakan, jauh lebih banyak yang sudah punah namun nggak kita sadari.

Hm, kalau di tempatmu, adakah hewan lain yang dulu kamu biasa sering lihat namun kini sudah punah layaknya burung Woody Woodpecker?  (Nat/IB09/E05)