Diberhentikan Gara-gara ke Luar Negeri Tanpa Izin

Pergi melancong ke AS tanpa izin, Bupati Talaud diberhentikan sementara selama tiga bulan.

Diberhentikan Gara-gara ke Luar Negeri Tanpa Izin
Sri Wahyuni Manalip, Bupati Kepulauan Talaud (Instagram.com/sri_manalip)

Inibaru.id – Punya jabatan penting di pemerintahan nggak boleh semena-mena ya, Millens. Nggak boleh seenaknya saja piknik ke luar negeri dengan dalih perjalanan dinas, apalagi memakai uang negara. Alih-alih bersenang-senang, bisa jadi malah dinonaktifkan dari jabatannya.

Peristiwa nahas itu baru-baru ini menimpa Bupati Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Sri Wahyuni Manalip. Seperti ditulis Liputan6.com, Sabtu (13/1/2018), lantaran ketahuan dua kali piknik ke AS tanpa seizin gubernur dan Kemendagri, Mantan Ketua DPC PDIP Talaud ini diberhentikan sementara selama tiga bulan.

Baca juga:
Polisi Nggak Boleh Swafoto dengan Calon Kepala Daerah  
Demi Hutanmu, Bijaklah Memakai Tisu!

Keputusan itu diambil setelah Tim Investigasi Kemendagri mengecek laporan bahwa Sri Wahyuni telah melakukan perjalanan dinas luas negeri tanpa mengajukan izin. Ini bertentangan dengan Permendagri 29 Tahun 2017 tentang izin luar negeri dan UU 23 tahun 2014 pasal 76 ayat 2.

Wakil Bupati Talaud, Petrus Tuange, pun naik tahta. Dia ditunjuk sebagai Plt Bupati selama Sri Wahyuni nonaktif . SK Mendagri terkait hal ini diserahkan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw dengan didampingi oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Humas, Jemmy Kumendong, Jumat (12/1).

Kandouw menegaskan bahwa kejadian ini juga menjadi peringatan bagi kepala daerah yang lain.

Baca juga:
Wajah Baru SUGBK dalam Laga Islandia vs Indonesia
Lampu SUGBK Lebih Terang Dari Wembley

“Tetap jaga solidaritas dan pelayanan kepada masyarakat dan secara umum untuk kita semua, agar hal ini menjadi yang pertama dan terakhir,” paparnya.

Nah, Millens, awasi terus kepala daerah di lingkunganmu, ya. Pasti pada nggak mau, kan, persoalan daerah kalian ditinggal jalan-jalan oleh kepala daerah tanpa izin resmi? (AYU/GIL)