Bupati Blora Memulai Tradisi Baru, Mengunjungi Veteran Tiap 17 Agustus

Bupati Blora Memulai Tradisi Baru, Mengunjungi Veteran Tiap 17 Agustus
Bupati Blora dan rombongan mengunjungi veteran perang kemerdekaan. (Tribun Muria/Ahmad Mustakim)

Bupati Blora Arief Rohman pengin membuat tradisi baru setiap kali perayaan 17 Agustus. Bersama dengan jajarannya, dia mengunjungi rumah para veteran dan purnawirawan perang kemerdekaan.

Inibaru.id – Bupati Blora Arief Rohman melakukan tradisi baru pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 pada Rabu (17/8/2022) lalu. Bersama dengan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati serta Forkopimda, mereka melakukan kegiatan anjangsana ke rumah-rumah veteran dan purnawirawan yang berjuang di masa kemerdekaan. Kegiatan ini dilakukan setelah Bupati melakukan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan.

Rumah pertama yang disambangi Bupati dan rombongan adalah Mbah Sami’an. Dia adalah veteran perang kemerdekaan berusia 95 tahun yang kini tinggal di Jalan Serayu, Kelurahan Kedungjenar, Kecamatan Blora. Sesampainya di rumah Mbah Sami’an, Bupati dan rombongan langsung mengobrol sekaligus memberikan tali asih.

“Terima kasih Pak Bupati lengkap dengan Bu Wakil Bupati, Dandim, Kapolres, Ketua DPRD, dan lain-lain. Saya lahir tahun pitulikur (1927), usia 18 saat kemerdekaan 1945 sudah ikut perang angkat bambu runcing sebelum masuk ABRI,” cerita Mbah Sami’an, Rabu (17/8).

Dia nggak hanya berjuang di sekitar Blora, Millens. Pada 1951, Mbah Sami’an ditugaskan ke Makassar, Sulawesi Selatan. Dia juga pernah dikirim ke Pulau Seram, Maluku, untuk menumpas pemberontakan RMS dan ke Pulau Timor, tepatnya di Ibu Kota Nusa Tenggara Timur, Kupang.

Pesan untuk Bupati dan Kapolres Blora

Bupati Blora ingin tradisi baru ini bisa terus berlangsung agar generasi muda nggak lupa dengan jasa para pahlawan. (Tribun Muria/Ahmad Mustakim)
Bupati Blora ingin tradisi baru ini bisa terus berlangsung agar generasi muda nggak lupa dengan jasa para pahlawan. (Tribun Muria/Ahmad Mustakim)

Laki-laki dengan 15 cucu dan 4 orang buyut ini pun memberikan pesan kepada Bupati dan rombongannya agar menjalankan pemerintahan dengan baik sehingga kondisi Blora semakin maju.

Setelah mengunjungi Mbah Sami’an, rombongan Bupati bertandang ke Dukuh Suruhan, Desa Jiken, Kecamatan Jiken untuk menyambangi rumah Mbah Suntari. Beliau adalah purnawirawan polisi berusia 82 tahun.

Setelah diberi tali asih, Mbah Suntari sempat bercerita tentang perjuangannya saat mempertahankan kemerdekaan. Sebagaimana Mbah Sami’an pula, dia berpesan kepada bupati dan jajarannya, termasuk Kapolres untuk bekerja dengan baik.

“Saya yakin kepada jenengan semuanya ke depan Blora akan lebih baik lagi. Kami bahagia dengan anjangsana seperti ini. Terima kasih sudah sudi hadir ke sini,” ucap Mbah Suntari.

Selain mengunjungi veteran dan purnawirwan, Bupati dan rombongan juga melakukan ziarah apel kehormatan di Taman Makam pahlawan. Menurutnya, tradisi baru ini memang perlu dibentuk demi mengingatkan generasi muda tentang jasa para pahlawan.

“Jangan sampai kita yang muda-muda ini lupa dengan jasa para senior, veteran, purnawirawan yang dulu juga berjuang untuk kelangsungan bangsa dan negara,” ucap Bupati Arief Rohman, Rabu (17/8).

Kebiasan baik yang dilakukan Bupati Blora ini semoga akan selalu ada ya, Millens! Siapa tahu kegiatan positif ini juga menginspirasi para bupati di daerah lain. (Tri/IB09/E10)