Bungai Bangkai Bertunas Tiga Muncul di Sukabumi

Jika biasanya bunga bangkai hanya bertunas satu, bunga di Sukabumi ini justru bertunas tiga.

Bungai Bangkai Bertunas Tiga Muncul di Sukabumi
Bunga bangkai. (Pikiran Rakyat)

Inibaru.id – Siswa SMPN 10 Sukabumi, Jawa Barat, dikejutkan dengan tumbuhnya bunga bangkai di halaman belakang sekolahnya. Tak hanya berukuran besar, bunga bangkai ini juga sangat unik karena memiliki warna kecokelatan dan bertunas tiga.

Tak hanya menjadi tontonan, keberadaan bunga bangkai ini pun langsung dimaksimalkan sebagai bahan penelitian bagi siswa dan guru di sekolah yang beralamat di Jalan Saniin, Kecamatan Warudoyong, ini.

Baca juga: Jadi WNI Atas Kemauan Sendiri

“Bunga bangkai ini ditemukan secara tidak sengaja oleh pengurus kebun pada Minggu (12/11/2017). Uniknya, bila kita lihat fenomena penemuan bunga seperti ini biasanya tunasnya hanya satu tapi disini tunasnya sampai tiga,” ucap Kepala Sekolah SMPN 10 Agus Mulyana sebagaimana dilansir dari Detik (14/11).

Bunga dengan tinggi lebih dari 35 cm ini memiliki variasi diameter bunga yang mekar dari masing-masing tunas antara 15 hingga 20 sentimeter. Seorang guru yang mempelajari bunga ini menyebutnya sebagai bunga Suweg dan bernama latin Amorphophallus paeoniifolius.

“Menurut literatur yang kita baca bunga ini akan mengeluarkan bau bangkai pada sore hari. Kata guru-guru disini memang sudah ada yang mencium bau bangkainya. Karena hidupnya hanya 7 hari rencananya nanti setelah mati akan kita awetkan sebagai kenang-kenangan dan bahan penelitian siswa kami," lanjut Agus Mulyana.

Salah seorang siswa SMPN 10, Meisya Maulia Farida, mengaku cukup tertarik untuk mencari tahu lebih banyak tentang bunga bangkai ini. Menurutnya, ini adalah kesempatan yang jarang muncul mengingat biasanya ia hanya mampu melihat bunga ini pada buku-buku pelajaran atau di acara-acara televisi.

Baca juga: Lewat Gala Siswa, Anak-Anak Indonesia Bisa Bermimpi untuk Bertanding di Piala Dunia

“Senang melihatnya, teman-teman juga banyak yang ambil gambar selfie-selfie. Jadi saya langsung bisa meneliti keadaan bunga itu secara langsung,” ucap siswi kelas 9 ini.

Agar tidak mudah rusak, area sekitar bunga di halaman belakang sekolah ini telah dipasangi jaring oleh pihak sekolah. Di tembok serta tepian jaring juga sudah terpasang penjelasan tentang nama atau jenis dari bunga bangkai ini. Hingga saat ini, masih banyak orang yang tertarik untuk melihat bunga bangkai bertunas tiga yang sangat unik ini. (AW/IP)