BUMN Hutama Karya Klarifikasi Ricky Harun Jadi Komisaris HK Metals Utama

BUMN Hutama Karya Klarifikasi Ricky Harun Jadi Komisaris HK Metals Utama
Ricky Harun diangkat jadi Komisaris PT HK Metals Utama Tbk. Hutama Karya memastikan perusahaan ini bukan anak usahanya. (Instagram @rickyharun)

Artis Ricky Harun tiba-tiba diangkat jadi komisaris HK Metals Utama. Keberadaan nama HK membuat banyak orang mengira jika perusahaan ini adalah anak usaha BUMN Hutama Karya. Nah, Hutama Karya ternyata mengeluarkan klarifikasi terkait hal ini.

Inibaru.id – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hutama Karya mengeluarkan klarifikasi terkait dengan pengangkatan artis Ricky Harun sebagai Komisaris PT HK Metals Utama Tbk. Hutama Karya menyebut berbagai pemberitaan yang melibatkan mereka ternyata adalah hal yang keliru.

Klarifikasi ini tertuang dalam surat keterangan resmi yang dikeluarkan pada Rabu (18/8/2021). Dalam keterangan itu, Hutama Karya yang merupakan BUMN di bidang infrastruktur dan pengusahaan jalan tol memastikan nggak punya keterkaitan dengan HK Metals Utama.

“PT Hutama Karya (Persero) saat ini hanya memiliki tiga anak usaha, yakni PT HK Infrastruktur (HKI), PT Hakaaston (HKA), dan PT HK Realtindo (HKR),” terang manajemen Hutama Karya.

Nah, pengangkatan artis Ricky Harun menjadi Komisaris PT HK Metals Utama, Tbk menyeret nama mereka di sejumlah berita. Hutama Karya pun ingin sejumlah pihak yang memberitakan hal ini dengan keliru untuk melakukan koreksi sehingga bisa mengungkap apa yang sebenarnya. Maklum, sejumlah pemberitaan menyebut HK Metals Utama sebagai anak usaha dari Hutama Karya.

FYI Millens, Ricky Harun alias Ricky Chilnady Pratama tiba-tiba diangkat sebagai salah satu jajaran komisaris independen HK Metals Utama. Hal ini sebagai tindak lanjut hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perseroan tersebut pada Senin (16/8).

HK menyebut hanya memiliki 3 anak usaha. HK Metals Utama bukanlah salah satunya. (Instagram @rickyharun)
HK menyebut hanya memiliki 3 anak usaha. HK Metals Utama bukanlah salah satunya. (Instagram @rickyharun)

Selain mengangkat Ricky Harun sebagai komisaris, HK Metals Utama juga menerima pengunduran diri dua orang penting yaotu Ngasidjo Achmad, sang Komisaris Utama Perseroan yang sudah diajukannya sejak 22 Juli 2021. Posisinya digantikan oleh Aryo Widiwhardhono. Orang kedua yang mengundurkan diri adalah Direktur Perseroan Yudhi Sudarmanto.

Nah, kalau menurut Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan Jodi Pujiyono, ada sejumlah alasan mengapa Ricky Harun dipilih sebagai komisaris.

Yang pertama adalah keinginan untuk mendapatkan ide-ide segar dari komisaris baru yang berasal dari generasi muda. Diharapkan, hal ini bisa membuat perseroan tahu seperti apa segmentasi konsumsi generasi muda.

Yang kedua, mereka sengaja merekrut Ricky sebagai salah satu trik public awareness. Maklum, Ricky dikenal sebagai seorang public figure sehingga tentu bakal menarik perhatian banyak orang.

“Harapannya, meningkatkan atensi terhadap produk-produk dan merek-merek dagang kami yang nantinya akan meningkatkan penjualan,” terang Jodi, Senin (16/8).

Nah, dengan adanya atensi yang lebih besar dari masyarakat atau pelaku pasar modal, nantinya HK Metals Utama bakal lebih baik dalam hal pengelolaan dan transparansi. Jodi yakin hal ini akan membuat perseroan jadi lebih baik.

Jadi jelas ya, Millens. Ricky Harun diangkat jadi Komisaris HK Metals Utama, bukan HK alias Hutama Karya yang merupakan BUMN. (Bis/IB09/E05)