Bulan Menjauh dari Bumi, Berbahayakah?

Bulan Menjauh dari Bumi, Berbahayakah?
Bulan menjauh dari bumi. (Flickr/ Kevin Gill)

Bulan semakin menjauh dari bumi. Jaraknya sudah berkali-kali lipat lebih jauh dari saat bulan kali pertama terbentuk. Seperti apa ya dampaknya bagi bumi?

Inibaru.id – Kamu tahu nggak, Millens kalau bulan semakin menjauh dari bumi? Kalau hal ini terus terjadi, kira-kira bakal menyebabkan dampak buruk, nggak, ya?

Jadi, saat kali pertama terbentuk, jarak bumi ke bulan hanyalah 22.500 km. Namun, kini jaraknya sudah berkali-kali lipat lebih jauh, tepatnya 402.336 km. Nah, berdasarkan penelitian yang dilakukan para astronom dari Amerika Serikat dan Uni Soviet pada 1970-an, terkuak pula kalau bulan terus menjauhi bumi setidaknya 3,8 cm per tahun.

Sebenarnya sih ya, kalau soal siapa yang sudah menduga jika bulan semakin menjauh, jawabannya adalah astronom dari Inggris yang kamu kenal sebagai nama komet, Edmond Halley. Sekitar 300 tahun yang lalu, dia mempelajari catatan-catatan dari gerhana bulan di masa lalu.

Dari catatan-catatan inilah dia menemukan fakta kalau ukuran dan jarak bulan berbeda dengan sekarang.

Memang, pergerakan menjauh ini sangatlah kecil dan sepertinya nggak akan memberikan dampak apapun. Namun, menurut para ahli, bisa jadi di masa depan hal ini akan menyebabkan ketidakstabilan pada bumi dan bahkan memicu kekacauan iklim. Hal ini disebabkan oleh posisi bulan yang bisa memberikan pengaruh pada rotasi bumi.

Jarak bulan sudah puluhan kali lipat lebih jauh dari bumi sejak bulan kali pertama terbentuk. (Flickr/

Bernd Thaller)
Jarak bulan sudah puluhan kali lipat lebih jauh dari bumi sejak bulan kali pertama terbentuk. (Flickr/ Bernd Thaller)

Jadi, saat bulan kali pertama terbentuk, ternyata rotasi bumi cukup cepat, lo, yakni 5 jam saja setiap hari. Namun, sekitar 1,5 miliar tahun belakangan, bulan semakin menjauh dan akhirnya membuat rotasi bumi semakin lama hingga yang kita kenal sekarang, yakni 24 jam.

Masalahnya, semakin jauh bulan, semakin melambat pula rotasi bumi. Dampaknya bisa membuat suhu-suhu udara di sejumlah wilayah di bumi bakal berubah. Sebagai contoh, ada kemungkinan di wilayah kutub akan sangat dingin namun juga sangat panas saat musim panas berlangsung.

Kalau hal ini sampai terjadi dan nggak ada antisipasi apapun, bisa jadi hewan, tumbuhan, atau manusia banyak yang tewas.

Gara-gara perubahan jarak bulan ini, diperkirakan 4,5 miliar tahun ke depan, waktu kita bakal bertambah setidaknya 19 jam. Masih lama sih ya, tapi tetap sebaiknya kita waspadai.

Hm, kalau kamu, bakal takut nggak kalau bulan semakin menjauh dari bumi, Millens? (Cnn/IB09/E05)