Mengapa Buka Puasa Bersama Teman Itu Perlu Dilakukan?

Mengapa Buka Puasa Bersama Teman Itu Perlu Dilakukan?
Buka puasa bersama teman. (Twitter/robyhermawn)

Salah satu acara yang sering dilakukan saat buka puasa adalah buka puasa bersama atau bukber. Hal ini biasa diagendakan untuk teman dekat atau justru reuni teman sekolah dan kuliah. Namun, perlukah acara seperti ini diadakan?

Inibaru.id – Salah satu kegiatan yang sering diadakan saat Ramadan adalah buka puasa bersama atau bukber. Banyak orang yang bahkan menantikan acara ini karena bisa jadi saat itu adalah satu-satunya kesempatan bertemu dengan teman-teman atau keluarga yang jarang ditemui. Namun, sebenarnya buka bersama ini penting untuk dilakukan atau nggak sih?

Terkadang, kesibukan atau jadwal yang bentrok membuatmu nggak bisa datang ke acara bukber. Namun, jika memang ada kesempatan, sebaiknya kamu mendatangi bukber karena bisa memberikan manfaat berikut.

Ajang Silaturahmi

Gambar terkait

Bukber bisa jadi ajang silaturahmi dengan tema lama. (Polka)

Jika kamu sudah lama nggak bertemu dengan teman-teman, acara buka bersama bisa menjadi waktu yang tepat untuk menjalin silaturahmi dan berkomunikasi dengan mereka. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan untuk dilakukan, bukan?

Mengenang Masa Lalu

Gambar terkait

Bukber bisa jadi ajang bernostalgia. (Womantalk)

Dengan bertemu dengan teman-teman lama, kamu tentu bisa membicarakan atau mengenang berbagai momen menarik di masa lalu. Kamu bisa bernostalgia tentang acara sekolah, hal-hal paling berkesan yang pernah kalian lewati, atau mengingat kesuksesan bersama. Hal ini rupanya bisa membuat acara bukber menjadi lebih berkesan dan membahagiakan.

Salah Satu Cara Atasi Stres

Hasil gambar untuk buka bersama

Mengatasi stres dengan bukber. (Deskgram)

Bertemu dengan teman-teman lama ternyata bisa membantu mengatasi stres, lo. Meski hanya beberapa jam, kamu akan merasa lebih bahagia karena asyik bercerita dengan teman-teman yang sudah lama nggak bertemu. Bahkan, bisa jadi kamu akan mendapatkan solusi dari berbagai masalah yang selama ini dihadapi karena mendapatkan sudut pandang baru dari teman-teman tersebut. Eits, tapi jangan rusak suasana itu dengan pertanyaan-pertanyaan basa-basi tentang privasi pribadi yang menjengkelkan, ya!

Menguatkan Hubungan Pertemanan

Hasil gambar untuk buka bersama

Bukber bisa menguatkan hubungan pertemanan. (Fajar)

Meski jarang bertemu, acara-acara seperti buka puasa bersama bisa menjadi hal yang berkesan dan memperkuat pertemanan. Bahkan, bisa jadi hal ini bisa mendukung karier atau usahamu.

Acara yang Positif

Buka bersama juga bisa ilakukan di panti asuhan sekaligus berdonasi seperti yang dilakukan komunitas Pagi Berbagi. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Daripada menghabiskan waktu dan uang untuk hal-hal yang kurang perlu, acara buka bersama tentu akan jauh lebih positif karena bisa menjadi ajang silaturahmi. Apalagi jika acara ini dilakukan di sekitar masjid atau di panti asuhan sekaligus berdonasi.

Jadi, sudah berapa banyak undangan acara bukber yang didapat sobat Millens, nih? (IB09/E04)